Terkesima Budaya Jawa

0
469

Memasuki lobi Alila Solo bagai memasuki galeri seni. Mata langsung terpaku pada mural wayang di plat aluminium yang dilukis seniman setempat di langit-langit. Mengikuti alur mural sepanjang 50 meter tersebut, ia mengarah ke sebuah gunungan raksasa yang menjadi latar area penerimaan tamu. Dalam budaya Jawa, gunungan adalah simbol dari kosmos yang menjadi awal dan akhir segalanya – sama seperti area penerimaan tamu, yang menjadi tempat yang pertama dan terakhir dikunjungi para tamu yang menginap.

Memodernisasi Budaya Lokal

Terdiri 30 lantai, Alila Solo adalah gedung tertinggi di Jawa Tengah. Merupakan rancangan Budiman Hendropurnomo dari biro arsitek ternama Denton Corker Marshall, Alila Solo menawarkan suasana modern dengan tetap menghembuskan elemen budaya setempat. Sejak dibuka pada November 2015, Alila Solo telah menghadirkan standar baru dalam industri perhotelan maupun konsep gaya hidup di Solo. Kehadiran Agra, misalnya. Bar rooftop pertama di Solo ini menawarkan tempat untuk menikmati pemandangan, menghirup udara segar, sekaligus menikmati berbagai sajian cocktail inovatif, seperti Solo Sling yang terinspirasi dari Singapore Sling yang terkenal.

Menawarkan konsep urban retreat, sejumlah 255 kamar dan suite-nya dirancang sedemikian rupa agar dari jendela ruang tidur dan kamar mandi tersaji pemandangan Solo dari ketinggian dengan julangan Gunung Lawu, Merapi, dan Merbabu di kejauhan. Hal ini tentu pemandangan langka karena di Solo belum banyak gedung tinggi untuk dapat menikmati kota dari ketinggian. Kamar-kamar juga diberi sentuhan pernak-pernik budaya Jawa yang telah dimodernisasi, misalnya dalam bentuk sketch tokoh-tokoh wayang di atas ranjang menggunakan warna monokrom yang menyatu dengan konsep ruangan berwarna gelap agar kondusif untuk beristirahat. Di sanasana sini, juga tampak motif batik kawung yang dirancang khusus bagi Alila Solo.

Pejalan bisnis dapat memilih kamar tipe Executive dan Suite untuk menikmati tambahan fasilitas dan akses ke Sky Lounge, sebuah executive lounge di lantai teratas yang menyediakan kudapan dan minuman gratis sepanjang hari, selain setiap pukul 18:00 – 19:00 tersedia pilihan wine dan bir. Pada kesempatan ini, tim manajemen Alila Solo biasanya menyempatkan berbincang dengan para tamu, sehingga selain memperluas jejaring dan menggali ide-ide segar, mereka juga dapat menerima masukan langsung demi pelayanan yang lebih baik.

Destinasi Gaya Hidup

Dilengkapi ballroom berkapasitas 3.500 orang dan merupakan ballroom terbesar di Solo, Alila Solo merupakan tempat yang populer untuk menggelar pesta pernikahan (selain pameran dan berbagai konser musik), di mana kemudian para pengantin dapat menikmati bulan madu di salah satu dari empat Alila Suite yang memiliki kolam renang pribadi dan teras di ketinggian. Selain itu, Presidential Suite-nya juga dapat disewa untuk berbagai pesta atau pertemuan terbatas.

Alila Solo juga menawarkan keanggotan pusat kebugarannya yang dilengkapi berbagai peralatan mutakhir, kelas yoga, dan kolam renang yang menyatu dengan Largo, lounge di udara terbuka. Sedangkan untuk menikmati berbagai perawatan tubuh dengan produk-produk alami berkualitas, Alila Spa siap memanjakan siapa pun yang membutuhkan relaksasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here