4 Spot Snorkeling Terfavorit di Nusa Penida

Selain menjelajahi daratan utama Bali, banyak pula wisatawan yang menyeberang ke pulau-pulau mungil di sekitarnya untuk mencari suasana baru. Sebut saja Nusa Penida yang dapat dengan mudah diakses dari Pantai Sanur dan Padangbai naik kapal cepat selama sekitar satu jam.

Meski terpisah dari pulau utama, bukan berarti tak ada aktivitas menarik di sini. Dari sekadar bersantai di beach club atau bar tepi pantai, hingga selancar, snorkeling, dan scuba diving pun dapat dilakukan di sini.

Tak punya waktu lebih? Jangan khawatir, banyak operator tur yang menawarkan paket perjalanan selama satu hari di Nusa Penida yang sudah termasuk snorkeling. Biasanya, spot-spot yang ditawarkan adalah sebagai berikut.

1. Crystal Bay

Terletak di Desa Sakti, atau sekitar 12 km dari Pelabuhan Nusa Penida, Crystal Bay merupakan salah satu destinasi yang wajib dikunjungi saat berada di pulau mungil ini. Pantainya memang tak terlalu besar, namun tenang dan cocok untuk sekadar berpiknik dan berenang.

Foto: Instagram @svetilnik_sh

Perairannya sendiri jernih, dan kamu bisa mendapatkan visibilitas hingga 30 meter. Karena itu, jangan lupa membawa kamera antiair biila ingin memotret keindahannya ya! Selain hamparan terumbu karang dan ikan warna-warni, kalau beruntung kamu bisa menjumpai penyu juga di sini.

Spot snorkeling-nya sendiri terletak di sisi kiri teluk. Disarankan datang sedari pagi ketika airnya masih tenang. Menjelang siang, ombaknya bisa cukup besar, selain kawasan tersebut akan dipenuhi kapal yang tengah berlabuh.

2. Gamat Bay

Bila berniat snorkeling di sini, sebaiknya didampingi oleh pemandu lokal atau orang yang sudah berpengalaman dengan kawasan ini. Gamat Bay memiliki dua area snorkeling, yaitu yang dangkal dan yang curam, dengan titik kedalaman sekitar 10-20 meter. Perairan dangkalnya berada di sebuah teluk dengan hamparan karang warna-warni yang ideal sebagai lokasi snorkeling untuk pemula.

Foto: Instagram @vanessaabrantes_

Terdapat pula gundukan-gundukan koral, karang-karang terjal, serta celah-celah di bebatuan karang berbentuk gua yang menjadi rumah bagi ikan-ikan kecil untuk hidup dan berlindung. Dengan kejernihan air lautnya, kamu akan lebih mudah mengamati kehidupan dan keindahan bawah laut Gamat Bay.

3. Manta Point

Terletak di sisi selatan Nusa Penida, spot snorkeling satu ini memungkinkan kamu untuk berenang bersama ikan pari manta. Tak ada musim spesifik untuk menyaksikannya, kamu bisa datang kapan saja sepanjang tahun.

Foto: Instagram @brandonverdura

Namun, kemunculannya juga tidak bisa dijamin, karena mereka adalah hewan liar yang bermigrasi dengan bebas ke mana pun mereka mau. Penduduk setempat menyebutkan waktu terbaik untuk melihat pari manta adalah di pagi hari ketika mereka paling aktif, namun kamu juga bisa menjumpainya di sore hari.

4. Wall Bay

Keanekaragaman ikan dan koloni karang yang besar menjadikan spot satu ini menjadi favorit bagi para penyelam. Spesies pelagis besar seperti ikan mola-mola kerap dijumpai di sini. Selain scuba diving, snorkeling pun dapat dilakukan di sini.

Foto: Instagram @dhaneswrr

Untuk mencapainya, kamu dapat naik perahu. Mendekati spot tersebut, lompat langsung ke air dan perlahan ikuti arus hingga sampai di Wall Bay untuk menikmati pemandangan bawah laut yang menakjubkan.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here