Pengalaman Unik Berenang Bersama Hiu Paus di Pantai Botubarani

Terletak di utara Sulawesi, Gorontalo tak hanya terkenal dengan kekayaan sejarahnya, namun juga menyimpan pesona alam yang menakjubkan. Salah satu destinasi wisata utamanya adalah Pantai Botubarani, yang menawarkan pengalaman unik dan mendebarkan – berenang bersama hiu paus!

Dengan jarak yang relatif dekat dari pusat kota, Pantai Botubarani menjadi destinasi yang dapat dijangkau dengan mudah oleh para wisatawan. Pantai ini berlokasi di Desa Botubarani, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, dan hanya berjarak sekitar 10 km atau setengah jam berkendara dari Kota Gorontalo.

Memasuki kawasan pantai, pengunjung akan disambut dengan sejumlah perahu nelayan yang ditambatkan di tepinya. Kamu bisa menyewa salah satu perahu tersebut yang siap membawa penumpang sejauh sekitar 100 meter dari bibir pantai, membuka kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan hiu paus yang menawan.

Waktu terbaik untuk pengamatan hiu paus adalah pada pagi dan sore hari, khususnya pada bulan Februari, Mei, dan Juni. Selain menyaksikan hiu paus tersebut dari dekat, kamu juga dapat memberi makan mereka dengan udang kecil atau rebon.

Untuk tarif sewa perahunya sendiri terjangkau, yakni sekitar Rp80 ribu. Satu perahu dapat ditumpangi maksimal tiga orang pengunjung dengan satu pemandu. Kegiatan mengamati hiu paus ini cocok dipilih buat wisatawan yang tidak ingin basah saat berinteraksi dengan hiu paus.

Nah, buat yang ingin berenang bersama hiu paus, kamu bisa menggunakan peralatan menyelam yang bisa dibawa sebelumnya dari rumah ataupun disewa di lokasi wisata. Opsi ini terutama disukai untuk pengunjung yang ingin melihat hiu paus secara utuh dan jelas di dalam air. Jangan lupa bawa kamera untuk mengabadikan pengalaman unik ini!

Kehadiran Hiu Paus

Hiu paus pertama kali muncul di Pantai Botubarani sekitar tahun 2016 dengan jumlah mencapai 50 ekor, dan ukuran terbesar mencapai 16 meter. Kehadiran hiu paus ini diakibatkan oleh limbah cangkang udang dari pabrik udang setempat.

Saat ini, jumlah hiu paus di pantai ini sekitar 8-10 ekor dengan ukuran terbesar mencapai 8 meter. Muncul sepanjang hari, terutama pada pagi dan sore, pantai ini menawarkan pengalaman terbaik saat ombak dan angin tenang.

Pemerintah Kabupaten Bone Bolango telah menetapkan wisata hiu paus di Pantai Botubarani sebagai kawasan wisata yang dilindungi. Hal ini tertuang dalam Peraturan Daerah Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP3K). Keputusan ini mengukuhkan Pantai Botubarani sebagai destinasi wisata bahari yang memiliki nilai konservasi dan keindahan alam yang unik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here