Pesona Pantai Siwil, Pantai Tersembunyi di Pacitan

Foto: Instagram @gusstrav

Pacitan tak hanya terkenal dengan keindahan gua-guanya. Kawasan ini juga menawarkan deretan pantai cantik di sisi selatan, dengan beberapa di antaranya masih belum banyak diketahui wisatawan karena letaknya yang tersembunyi.

Salah satunya yang bisa kamu kunjungi adalah Pantai Siwil. Terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo, pantai ini berjarak 29,5 km dari Alun-alun Kabupaten Pacitan, atau dapat ditempuh dengan 50 menit berkendara.

Foto: Instagram @gusstrav

Begitu melewati Pantai Soge, kamu bisa jalan terus mengikuti jalur sembari melihat sisi kanan. Nanti akan ada plang yang menunjukkan arah ke Pantai Siwil. Jalurnya akan melewati perkampungan penduduk maupun rerimbunan pepohonan, sebelum akhirnya tiba di Pantai Siwil.

Setibanya di lokasi, kamu akan disuguhkan keindahan pantai dengan hamparan pasir putih kecokelatan. Tak hanya itu, kamu juga bisa melihat hutan bakau yang membentang di sepanjang pantai. Suasananya yang asri dan jauh dari keramaian bakal membuat kamu betah berlama-lama di sini.

Foto: Instagram @indraiswanto84

Kalau tertarik bermain air dan berenang di perairannya, tak perlu khawatir, karena ombaknya tak begitu besar. Hal ini dikarenakan pantainya menjorok masuk dan menyatu dengan muara sungai.

Kamu bahkan bisa snorkeling di sini. Hutan bakau yang banyak dijumpai di muara sungai maupun batuan karang dan rumput laut di dasar airnya membuat perairannya dipenuhi oleh banyak ikan.

Foto: Instagram @gusstrav

Namun, agar aktivitas snorkeling tetap aman dan nyaman, kamu bisa menunggu saat air laut menjelang surut, ketika arusnya tidak begitu kuat. Usahakan juga snorkeling saat cuaca cerah, antara siang sampai sore, sehingga dapat melihat dengan jelas pemandangan bawah laut. Untuk melihat kerumunan ikan, kamu bisa mencarinya di sekitar bebatuan di tengah muara.

Pantai yang bebas biaya masuk ini tidak memiliki fasilitas, termasuk penyewaan alat snorkeling, sehingga kamu wajib membawanya sendiri sebelumnya. Selain itu, bawa pula perbekalan bila ingin berpiknik, karena tak ada warung di sekitarnya.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here