Berseluncur dari Pantai Timang, Petualangan Ekstrem di Atas Ombak

Pantai Timang di Gunungkidul, Yogyakarta tak seperti pantai-pantai pada umumnya. Terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, pantai ini tak memiliki hamparan pasir putih yang landai, melainkan dikelilingi batu karang. Atraksi utama Pantai Timang justru terletak pada pulau di seberang pantai.

Namun, berhubung berenang sangat tidak direkomendasikan karena ombaknya yang begitu besar, warga setempat kemudian membangun akses sendiri. Salah satunya yang terkenal adalah kereta gantung yang ditarik secara manual.

Tak hanya itu, ada pula jembatan gantung yang dibangun setinggi sekitar 200 meter di atas ombak ganas. Berjalan menyusuri jembatan gantung ini memang menantang adrenalin, terutama bila angin sedang kencang dan ombaknya yang besar menerjang bagian bawah jembatan.

Meski demikian, tak sedikit wisatawan penasaran yang rela membayar Rp100 ribu per orang melintasi jembatan gantung tersebut. Harga tersebut lebih murah ketimbang menaiki kereta gantung, yang dipatok Rp150ribu per orang. Hal ini wajar, mengingat kereta tersebut mesti ditarik tanpa mesin oleh sejumlah orang sekaligus.

Sebagai informasi, pulau di seberang Pantai Timang merupakan habitat lobster yang jumlahnya sangat melimpah. Kereta gantung yang dibangun sebagai akses ini tadinya juga digunakan oleh masyarakat lokal untuk berburu lobster, baik untuk dijual maupun dikonsumsi pribadi.

Bila tertarik mencicipinya, kamu bisa membelinya dari sejumlah warung seafood yang ada di sekitar Pantai Timang. Menu masakan lobster bisa dinikmati untuk dengan harga berkisar Rp650 ribu sampai Rp800 ribu per 1 kg lobster (bisa untuk empat orang), sudah komplit bersama nasi, sayur, dan minuman.

Tips

Disarankan untuk datang di pagi hari untuk menghindari keramaian, selain pagi biasanya angin tidak terlalu kencang. Selain itu, ada baiknya menyewa jeep untuk menuju lokasi karena akses jalannya yang masih berupa bebatuan dan cukup ekstrem bila dilalui kendaraan standar.

Untuk menyewa jeep, kamu cukup membayar Rp350 ribu. Satu jeep bisa ditumpangi empat orang, jadi kamu bisa patungan bila bepergian bersama teman. Biaya tersebut juga sudah termasuk tiket masuk pantai dan dokumentasi gratis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here