Belongas Bay, Situs Penyelaman Ekstrem di Sekotong, Lombok

Foto: Instagram @ifanabdillah_

Belongas Bay di pesisir selatan Lombok merupakan salah satu destinasi penyelaman terbaik di Indonesia. Di sinilah para penyelam dapat menjumpai situs-situs yang tak hanya terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya, namun juga menjadi habitat bagi sejumlah spesies yang menarik.

Namun, Belongas Bay hanya bisa diselami oleh para penyelam berpengalaman dan memiliki sertifikat Advanced Open Water atau lebih tinggi. Penyelam wajib memiliki minimal 100 logged dives bila ingin menyelam di sini antara Juni dan akhir Oktober, atau minimal 50 logged dives di bulan-bulan lainnya. Itu pun mereka harus ditemani oleh pemandu selam profesional.

Foto: Instagram @ninda_felina

Pasalnya, situs-situs di sini terbilang ekstrem dan untuk mencapainya pun tak mudah. Kondisi arus yang kuat dan ombak yang tinggi dapat menjadi tantangan tersendiri bagi penyelam pemula.

Di awal perjalanan, biasanya penyelam diajak menuju situs terpopulernya, The Magnet. Dijuluki Batu Kapal oleh warga lokal, situs satu ini berupa pinnacle yang menyembul dari kedalaman sekitar 80 meter.

Letaknya di perairan terbuka di barat daya Belongas Bay dan langsung menghadap laut lepas, sehingga arusnya sangat kuat dan berpotensi downdraft. Namun hal ini juga menjadi daya tarik bagi sekawanan hiu martil, barakuda, tuna, pari mobula, dan jenis ikan lainnya yang dapat ditemui di kedalaman sekitar 30 meter.

The Cathedral merupakan situs menyelam lainnya yang menarik di Belongas Bay. Terletak lebih jauh di timur, situs ini terkenal dengan gua besar di kedalaman 40 meter maupun formasi karang yang unik dan menakjubkan. Di sini pula banyak ditemui sekawanan pelagis, termasuk hiu, barakuda, pari, dan ular laut.

Foto: Instagram @ifanabdillah_

Walau The Magnet dan The Cathedral terbilang ekstrem, ada situs-situs penyelaman lain yang tingkat kesulitannya jauh di bawahnya, namun tetap menawarkan pengalaman yang berkesan. Sebut saja Coral Gardens maupun perairan di sekitar Gili Sarang.

Selain itu, Belongas Bay juga menawarkan pengalaman menyelam yang menarik di malam hari. Para penyelam dapat menyaksikan kehidupan laut yang berbeda dari siang hari, seperti hewan nokturnal dan koral yang bercahaya di kegelapan.

Foto: Instagram @wildscubaindonesia

Bila berencana menyelam di sini, kawasan Belongas Bay menyediakan beragam akomodasi, dari homestay hingga resor, sehingga para penyelam dapat menikmati waktu liburan yang lebih nyaman dan menyenangkan selama di sini. Dengan keindahan alam bawah laut yang menakjubkan, serta beragam situs menyelam yang menarik, Belongas Bay wajib masuk bucket list para penyelam berpengalaman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here