Air Terjun Lacolla, Pesona Alam Eksotis di Kabupaten Maros

Foto: Instagram @rahmatrestuhidayat_

Kabupaten Maros di Sulawesi Selatan tak hanya terkenal dengan hamparan karstnya yang menawan. Tersembunyi di balik pepohonan dan lereng bukit yang hijau, terdapat keajaiban alam yang tak kalah menakjubkan – Air Terjun Lacolla. Destinasi yang eksotis ini menawarkan pengalaman luar biasa bagi para wisatawan yang ingin menjelajahi pesona alam Sulawesi Selatan.

Lokasi dan Akses

Air Terjun Lacolla terletak di Dusun Malaka, Desa Cenrana Baru, Kecamatan Cenrana, Kabupaten Maros. Meski masih tergolong sebagai destinasi yang belum sepenuhnya terekspos secara online, pesona alamnya telah menarik perhatian banyak pengunjung dari berbagai daerah.

Akses menuju air terjun ini sekitar 60 kilometer dari Bandara Sultan Hasanuddin, dengan lama perjalanan dua jam. Setelah mencapai Dusun Malaka, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 15 menit menuju lokasi Air Terjun Lacolla.

Petualangan Seru

Perjalanan menuju Air Terjun Lacolla menyuguhkan medan yang menantang, cocok untuk para petualang yang haus tantangan. Petualangan dimulai sejak awal perjalanan, dengan hiking melalui kawasan hutan yang masih alami dan menuruni ratusan anak tangga.

Foto: Dok. Google Maps/Abs Bin Slamet

Patut diingat, perjalanan pulang akan lebih melelahkan karena berarti harus menaiki anak-anak tangga tersebut. Jadi, pastikan menyiapkan perbekalan, terutama air minum, untuk mengisi tenaga.

Jalur trekking bisa sangat licin di saat musim hujan. Terlebih, ada satu spot yang anak tangganya dibangun di samping tebing, tepat di atas sungai dengan ketinggian 300 meter. Pastikan untuk selalu berhati-hati saat melangkah dan kenakan alas kaki yang sesuai demi keamanan.

Foto: Instagram @akram_juna

Sesampainya di Air Terjun Lacolla, kamu bisa menikmati suasana sekitar yang begitu asri. Bertingkat empat dengan aliran air yang cukup besar, air terjun ini dihiasi dengan bebatuan besar maupun kolam di bawahnya yang bisa digunakan untuk sekadar merendam kaki atau bermain air.

Derasnya air yang jatuh menciptakan panorama busa dan bulir-bulir air yang menawan. Jangan lupa mengabadikan keindahan panoramanya sebelum pulang.

Foto: Instagram @sukajalan69

Camping Seru di Tengah Keasrian Alam

Setelah menyelesaikan perjalanan hiking yang menantang dan menikmati keindahan Air Terjun Lacolla, kamu memiliki dua opsi: kembali ke lokasi parkir untuk perjalanan ke destinasi selanjutnya, atau berkemah di dekat air terjun. Meskipun fasilitasnya belum sepenuhnya optimal, pengalaman berkemah di alam terbuka dengan gemericik air terjun sebagai latar suara memberikan kedamaian dan keunikan tersendiri.

Jangan lupa membawa perlengkapan untuk berkemah, termasuk tenda, matras, dan sleeping bag, sebelum berkunjung kemari karena tak ada fasilitas penyewaan. Selain itu, siapkan sendiri logistik karena tak ada penjaja makanan dan minuman di sekitarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here