Jakarta Urban Night Ride, Cara Asyik Menikmati Jakarta Selepas Senja

Bersepeda selepas senja kian populer di kalangan pegowes urban. Sebagian besar memiliki alasan sama, yakni tak sempat melakukannya di pagi atau siang hari ketika sedang sibuk dengan pekerjaan atau rutinitasnya masing-masing. Karena itu, malam hari kemudian menjadi waktu yang tepat untuk bersepeda, selain tentunya di hari libur atau akhir pekan.

Tentu saja untuk bersepeda di malam hari, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan, seperti mencari rute yang aman dengan penerangan memadai. Pasalnya, saat pencayahaan minim, jarak pandang juga terbatas dan kamu pun mesti lebih berhati-hati untuk melihat kondisi medan di sekelilingmu.

Sama halnya saat bersepeda di pagi atau siang hari, kondisi sepeda mesti dicek terlebih dahulu sebelum berangkat. Pasalnya, tak mudah menemukan bengkel yang buka di malam hari. Kalau perlu, bawa sendiri peralatan yang kira-kira akan dibutuhkan, seperti toolkit dan pompa.

Terakhir, rute yang dilalui mestilah rute yang kamu sudah paham betul, selain ramah untuk pegowes. Kalau tak ada, gunakan sisi jalan, namun hindari jalur yang rawan macet. Pastikan juga kondisi jalannya mulus agar tak membahayakan.

Kalau masih ragu, kamu bisa bersepeda bersama komunitas, atau mengikuti kegiatan seru seperti Jakarta Urban Night Ride. Digelar oleh Audax Randonneur Indonesia yang bekerja sama dengan Dash Sports, ajang ini mengundang seluruh pegowes di Jakarta untuk bersama-sama menyelesaikan tantangan sejauh 75 km.

Berlangsung pada 23 April 2022 mulai pukul 21:00, rutenya akan bermula dan berakhir di Decathlon Pondok Indah, Metro Pondok Indah, Jakarta Selatan. Ajang ini bukan lomba, jadi kamu tak perlu terburu-buru gowes untuk memecahkan waktu. Nikmati saja perjalananmu mengayuh sepeda berkeliling Jakarta di malam hari, dan pastikan tantangan 75 km tersebut dapat terselesaikan.

Registrasi sudah dibuka mulai hari ini pukul 13:00 di aplikasi Dash Sports yang bisa diunduh di Google Play dan App Store. Setelah membuat akun, klik menu ‘Join Event’, lalu cari ‘Jakarta Urban Night Ride’ dan daftarkan dirimu. Biaya pendaftaran Rp472.500 per orang.

Karena aktivitas dilakukan di malam hari, kenakan perlengkapan seperti reflective vest dan windbreaker, selain juga helm, sepatu, sarung tangan, serta pengaman lutut dan siku. Usahakan helm maupun sepatu yang dipakai berwarna terang agar mudah dikenali meski di tengah kegelapan. Pastikan pula lampu depan dan belakang sepeda berfungsi dengan baik.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here