Petualangan Menuju Curug Sawer, Keindahan Tersembunyi di Delhi van Java

Foto: Dok. Google Maps/Rizal Fathurahman

Berjuluk Delhi van Java, Tasikmalaya menawarkan lanskap alam yang menarik, dengan sebagian besar kawasannya berupa daerah perbukitan. Di sana jugalah banyak ditemukan tempat wisata yang menarik para petualang. Sebut saja Curug Sawer yang terletak di Desa Mandalamekar, Kecamatan Jatiwaras, Kabupaten Tasikmalaya.

Perjalanan Menuju Curug

Perjalanan menuju Curug Sawer dimulai dari pusat kota Tasikmalaya, yang akan membawamu melalui jalan yang berliku-liku. Waktu tempuhnya sekitar satu jam, dengan akses jalan yang kurang baik saat mulai memasuki desa dan mendekati lokasi air terjun. Karena itu, pastikan kendaraan dalam kondisi baik.

Foto: Instagram @endangnugraha3552

Sesampainya di area parkir, petualangan yang sebenarnya baru dimulai. Dari sini, kamu harus berjalan kaki sekitar 30 menit melalui jalan setapak yang bisa sangat licin saat musim hujan. Biar aman, kenakan alas kaki yang sesuai. Sepanjang perjalanan, kamu akan ditemani pemandangan alam berupa hijaunya pepohonan dan hamparan persawahan hingga sampai di lokasi air terjun.

Mengagumi Curug Sawer

Begitu tiba di Curug Sawer, kamu bisa melihat pemandangan yang benar-benar menakjubkan. Air terjun dengan tinggi sekitar 50 meter dan lebar mencapai 10 meter ini menciptakan tirai air yang spektakuler. Sementara bebatuan besar di sekitarnya turut menghiasi curug ini.

Foto: Instagram @harunlubis

Pengunjung dapat berenang di kolam yang terbentuk di bawah air terjun tersebut. Namun tetap berhati-hati karena airnya cukup dalam. Bagi yang tidak mahir berenang, kamu masih dapat menikmati suasana dengan duduk atau bermain air di tepi kolam, meresapi suara air terjun yang menenangkan.

Aktivitas lain yang bisa kamu lakukan adalah berpiknik. Kamu bisa menyiapkan sendiri bekalnya sebelum perjalanan menuju Curug Sawer. Jangan lupa pula bawa tikar untuk alas duduk.

Foto: Instagram @waragan_rahman

Tentu saja sebelum perjalanan pulang, jangan lupa mengabadikan pemandangan Curug Sawer dengan berfoto. Waktu terbaik mengambil gambar di sini adalah di pagi hari ketika cuaca sedang cerah. Kenakan pakaian berwarna cerah, seperti merah, kuning, atau oranye. Warna-warna cerah ini akan membuat diri lebih terlihat dan menciptakan kontras yang menarik dengan latar belakang alam.

Selain mempertimbangkan warna, pastikan untuk memilih pakaian yang nyaman untuk aktivitas hiking dan bermain air. Pilih pakaian yang ringan, mudah kering, dan sesuai dengan cuaca. Bawa juga topi dan tabir surya, terutama bila berencana untuk menghabiskan banyak waktu di bawah sinar matahari. Selamat bertualang ke Curug Sawer!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here