River Tubing di Curug Leuwi Bumi, Petualangan Memacu Adrenalin di Banten

Foto: Instagram @drone_banten

Dengan lanskap alamnya yang menawan, Banten menawarkan banyak pilihan destinasi wisata untuk segala tipe traveler. Bagi penggemar aktivitas air, misalnya, mereka bisa menyambangi Curug Leuwi Bumi. Di sini, wisatawan bisa merasakan serunya river tubing, aktivitas mengarungi sungai dengan menggunakan ban.

Jauh dari Keramaian Kota

Curug Leuwi Bumi terletak di kawasan kaki Gunung Jeungjing, Kabupaten Pandeglang, Banten, sekitar 2,5 jam berkendara dari pusat kota Tangerang. Lokasinya memang cukup jauh dari ibu kota, namun hal inilah yang menjadikan Curug Leuwi Bumi sebagai tempat sempurna untuk melarikan diri sejenak dari rutinitas sambil merasakan kedamaian alam.

Foto: Instagram @drone_banten

Menariknya lagi, tempat wisata ini menyediakan sejumlah atraksi yang seru untuk melewatkan waktu. Seperti yang sudah disebutkan di atas, aktivitas favorit di sini adalah river tubing. Kegiatan mengarungi sungai ini terutama cocok bagi yang senang mencari petualangan ekstrem.

Di Curug Leuwi Bumi, kamu bisa menjumpai aliran sungai yang panjang dan cukup deras. Kamu bisa merasakan sensasi luar biasa ketika ban melewati aliran airnya yang berliku-liku dengan bebatuan besar di sekitarnya.

Foto: Instagram @curugleuwibumi

Persiapan dan Tips

Sebelum memulai petualangan river tubing, kamu akan dilengkapi perlengkapan keselamatan, seperti helm dan jaket pelampung. Instruktur yang berpengalaman akan memberikan arahan yang diperlukan untuk memastikan keamanan selama kegiatan ini.

Setelah itu, kamu akan berjalan kaki menuju titik awal river tubing sembari membawa ban yang nantinya akan dipakai untuk mengarungi sungai. Tenang saja, perjalanannya tak begitu jauh, selain melintasi hamparan sawah dan pepohonan rimbun di sekitarnya. Lagipula kegiatan ini bisa sekalian untuk pemanasan sebelum river tubing.

Foto: Instagram @drone_banten

Keberanianmu akan diuji nantinya saat river tubing dan melewati arus sungai yang deras dan berliku-liku. Tak hanya bertualang seru, kamu bisa sekalian menikmati keindahan alam di sekitarnya. Ini adalah momen ketika kamu dapat benar-benar menikmati serunya beraktivitas di tengah alam dan melupakan kesibukan sehari-hari.

Agar petualanganmu berjalan aman, pastikan untuk selalu mengikuti arahan dari instruktur. Kenakan pula pakaian yang nyaman, seperti pakaian renang atau pakaian olahraga yang cepat kering. Selain itu, jangan lupa menggunakan tabir surya dan membawa kamera antiair untuk mengabadikan momen.

Foto: Instagram @curugleuwibumi

Biaya masuk kawasan wisata Curug Leuwi Bumi adalah Rp15 ribu per orang. Bila ingin menikmati river tubing, kamu bisa membayar Rp75 ribu per orang, sudah termasuk makan. Di lokasi juga tersedia area berkemah, lengkap dengan penyewaan tenda dan perlengkapannya. Info lebih lanjut, hubungi 0812 8031 5818 atau kunjungi akun Instagram @curugleuwibumi.

Untuk akses jalan menuju Curug Leuwibumi via Mandalawangi cukup rusak, namun masih bisa ditempuh oleh motor dan mobil. Kalau tak mau repot menyetir, kamu bisa menggunakan paket tur, seperti dari Explorer.id. Biayanya mulai Rp500 ribu per orang, sudah termasuk transportasi dari/ke Jakarta dan Tangerang, tiket masuk, tiket river tubing, makan siang, dan pemandu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here