Maumere, Pintu Gerbang Menuju Dunia Bawah Laut yang Menakjubkan

Indonesia selalu dikenal sebagai surganya para penyelam, dan Maumere di Flores adalah salah satu destinasi terbaiknya. Dengan terumbu karang yang subur, kehidupan laut yang kaya, dan berbagai situs penyelaman menakjubkan, Maumere adalah destinasi impian bagi penyelam dari seluruh dunia.

Pesona Maumere

Terletak di timur Flores, Maumere merupakan ibu kota Kabupaten Sikka sekaligus kota terbesar kedua di Flores. Keberadaan bandara di Maumere membuat wisatawan dapat menjangkau destinasi ini dengan mudah. Saat ini, Wings Air merupakan satu-satunya maskapai yang melayani penerbangan nonstop dari Kupang, Labuan Bajo, dan Makassar menuju Bandara Frans Seda di Maumere.

Jauh dari keramaian turis, Maumere tak hanya memiliki pantai-pantai berpasir putih yang cantik, namun juga perairan yang menyimpan keindahan bawah. Berikut adalah beberapa destinasi penyelaman yang wajib dikunjungi.

Situs-situs Penyelaman

Teluk Maumere adalah rumah bagi lebih dari 20 situs penyelaman yang menakjubkan. Kamu bisa menjumpai situs-situs tersebut di sekitar Pulau Besar, Babi, Dambilah, Pangabatang, dan pulau-pulau mungil lain di sekitar Teluk Maumere.

Sebut saja The Channel di selatan Pangabatang. Situs ini menawarkan dinding karang yang tertutup karang keras, karang lunak, maupun karang kipas. Karena arusnya kuat, kans untuk melihat hewan-hewan besar pun semakin tinggi, seperti pari elang, hiu karang, dan hiu martil. Berbagai macam ikan karang maupun penyu juga dapat ditemukan di sini.

Tak jauh dari sini, ada Fish Soup yang juga memiliki arus kuat dan sering kali menjadi tempat berkumpulnya ikan-ikan besar seperti pari, hiu, dan makarel. Namun, jangan lewatkan juga makhluk-makhluk kecil yang menarik, seperti kuda laut pygmy dan frogfish.

Muck DivingĀ 

Salah satu daya tarik utama penyelaman di Maumere adalah muck diving, di mana penyelam dapat menemukan makhluk-makhluk laut langka dan unik yang hidup di dasar laut yang berlumpur.

Salah satu situs muck diving terbaik di Maumere adalah Old Ankermi Muck. Tempat ini adalah surga bagi penggemar fotografi bawah laut dengan beragam makhluk unik, seperti nudibranch, mimic octopus, demon stinger, dwarf stonefish, mantis shrimp, dan banyak lagi. Penyelam juga kerap melakukan night diving di sini untuk melihat hewan-hewan nokturnal, sperti gurita, cumi-cumi, sotong, udang, dan lainnya.

Situs lainnya yang tak kalah menarik adalah Froggies Reef atau Mandarin Patch. Sesuai namanya, situs ini adalah tempat yang sempurna untuk mengamati mandarin fish yang cantik. Kamu juga dapat menemukan beragam spesies lainnya seperti nudibranch, ghost pipefish, stonefish, dan masih banyak lagi.

Eksplorasi Kapal Karam

Bagi penyelam yang senang menjelajahi kapal karam saat menyelam, Maumere punya situs bernama Wairterang Wreck. Terletak miring di kedalaman 12-32 meter, bangkai kapal Jepang yang karam saat Perang Dunia II ini telah ditumbuhi karang keras dan lunak.

Kawanan ikan trevally, makerel, kerapu, dan batfish kerap berenang di sekitarnya. Bangkai itu sendiri kini menjadi rumah bagi berbagai jenis hewan laut, seperti mantis shrimp, scorpionfish, stonefish, lionfish, dan nudibranch.

Kapan Sebaiknya Berkunjung

Untuk menikmati air yang paling tenang dan kondisi terbaik untuk menyelam, sebaiknya kunjungi Maumere antara bulan April hingga Oktober. Musim ini menawarkan cuaca dan visibilitas air yang cenderung lebih baik.

Di sela-sela menyelam, jangan lewatkan menikmati keindahan Maumere di darat. Jelajahi pantai berpasir putih yang indah, bukit-bukit hijau yang mengelilingi teluk, dan temui penduduk lokal yang ramah. Ini adalah tempat yang sempurna untuk bersantai setelah sesi diving.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here