Keunikan Secret Bay, Situs Penyelaman di Gilimanuk

Secret Bay merupakan salah satu situs penyelaman terbaik di Bali untuk muck diving maupun fotografi makro. Teluk berpasir hitam dangkal ini merupakan rumah bagi berbagai makhluk mungil dengan bentuk yang unik.

Keunggulan lainnya dari situs penyelaman Secret Bay adalah akses yang mudah dari pantai. Dengan jarak hanya sekitar 30 meter dari titik masuk, penyelam dapat dengan cepat memasuki perairan yang indah ini.

Secret Bay sendiri terletak sekitar 30 km jauhnya dari Pemutaran, dan dengan berkendara, kamu bisa mencapai tempat ini tak sampai satu jam. Lokasinya tak jauh dari Pelabuhan Gilimanuk.

Daya Tarik Utama

Secret Bay memiliki lebar sekitar dua kilometer dan sangat dangkal, dengan kedalaman berkisar 3 sampai 12 meter. Salah satu keunikan Secret Bay terletak pada dasar lautnya.

Terumbu karang hampir tidak ada, dan sebagian besar berupa pasir vulkanik hitam dan abu-abu. Namun, ada beberapa rumput laut, dan seringkali kamu akan menjumpai puing yang menjadi tempat berlindung dan persembunyian bagi beragam makhluk makro yang hidup di sini.

Kamu dapat menemukan berbagai spesies ikan, seperti cardinal fish, harlequin pipefish, dan crocodile fish, yang berseliweran di atas reruntuhan kapal kayu sepanjang sekitar 15 meter.

Selain itu, kamu dapat menjelajahi terumbu buatan yang penuh dengan struktur besi tua dan jaring yang telah sepenuhnya ditinggali oleh karang dan ikan selama bertahun-tahun. Bila beruntung, kamu bahkan dapat menemukan Mandarin fish yang bersembunyi di balik karang.

Bagi para fotografer bawah laut, Secret Bay bak surga tersendiri. Terumbu buatan ini merupakan rumah bagi berbagai makhluk yang menakjubkan, seperti kuda laut, frogfish, leaf scorpionfish, dan nudibranch. Kamu bakal menemukan banyak objek menarik untuk diabadikan.

Meskipun Secret Bay adalah surga bagi para penggemar fotografi mikro bawah laut, kedalaman di sini cukup ramah untuk penyelam pemula. Namun perlu diingat bahwa perairan di sini begitu dangkal, sehingga gerakan yang terlalu aktif atau kendali buoyancy yang kurang sempurna dapat mengaduk dasar laut dan mengakibatkan visibilitas yang rendah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here