Pelari Trail, Ini Alasan Kamu Wajib Ikut Salak Eco Trail Run 2023!

Foto: Dok. Salak Eco Trail Run

Pada Minggu, 12 November 2023, hutan hujan tropis di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak akan menjadi lokasi berlangsungnya Salak Eco Trail Run (SETR). Inilah momen di mana para pencinta alam dan penggiat lari trail berkumpul untuk berlari di tengah keindahan alam dan berkontribusi pada pelestarian lingkungan yang sangat penting.

Berlari untuk Alam

Salak Eco Trail Run merupakan bagian dari program Javan Hawk Eagle Trail (JHET) dari Yayasan Puter Indonesia. Acara ini pertama kali digelar pada 2021 bertepatan dengan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) untuk sekaligus mengampanyekan pentingnya peran masyarakat dalam melestarikan puspa dan satwa nasional.

Foto: Dok. Salak Eco Trail Run

Di edisinya yang ketiga, SETR 2023 masih membawa misi yang sama, yakni melestarikan habitat elang jawa yang unik dan langka di Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Dengan mengikuti SETR, peserta turut serta dalam usaha pelestarian spesies ini yang merupakan salah satu harta berharga Indonesia.

Selain itu, SETR 2023 mempromosikan pesan ‘Ego to Eco’. Ini adalah panggilan kepada semua peserta untuk memahami dampak ekologis dari aktivitas mereka dan turut terlibat langsung dalam melestarikan ekosistem alam.

Foto: Dok. Salak Eco Trail Run

Bagi pegiat olahraga, SETR 2023 bukan sekadar lomba lari trail biasa. Ini adalah kesempatan langka bagi peserta untuk merasakan koneksi mendalam dengan alam. Mereka akan melintasi hutan hujan tropis yang memesona dan merasakan kehidupan alam yang berlimpah di Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

Kategori Lomba

SETR 2023 menawarkan berbagai kategori lomba, sesuai dengan tingkat kemampuan dan minat peserta. Pertama, ada kategori 6K yang ditujukan untuk umum maupun keluarga. Dengan COT 2 jam, kategori ini cocok untuk peserta pemula maupun yang ingin berlari dan menikmati alam bersama anggota keluarga.

Foto: Dok. Salak Eco Trail Run

Bagi peserta yang ingin mencari tantangan lebih jauh, kategori 12K adalah pilihan yang tepat. Peserta memiliki waktu maksimal 4 jam untuk menyelesaikan lomba ini. Sementara kategori jarak terjauhnya adalah 21K. Dengan medan yang lebih berat, peserta mesti menyelesaikan tantangan tersebut dalam waktu maksimal 7 jam.

Syarat untuk mengikuti kategori 12K dan 21K adalah berusia minimal 18 tahun. Selain itu, peserta wajib pernah finis lomba lari trail dengan jarak minimal 10 km untuk kategori 21K dan 8 km untuk kategori 12K.

Foto: Dok. Salak Eco Trail Run

Peserta yang tertarik bisa langsung mendaftarkan diri via situs resminya di salakecotrailrun.com. Batas pendaftaran sampai 30 Oktober 2023, atau bisa lebih cepat ditutup bila slot terpenuhi.

Biaya pendaftarannya adalah Rp250 ribu per orang untuk kategori 6K, Rp400 ribu per orang untuk kategori 12K, dan Rp500 ribu per orang untuk kategori 21K. Kunjungi akun Instagram @salakecotrailrun untuk info lebih lanjut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here