Sehari Penuh di Magelang, Bisa Wisata Alam ke Mana Saja?

Berencana melewatkan liburan singkat di Magelang, namun belum punya rencana ke mana saja? Atau bingung cara memadatkan satu hari dengan sejumlah destinasi pilihan? Tak perlu khawatir, berikut ini adalah rekomendasi rencana perjalanan satu hari di Magelang yang bisa kamu ikuti.

Menyaksikan Sunrise

Bila berangkat dari Yogyakarta, kamu bisa memulai perjalanan sedari dini hari, sekitar pukul 03:00. Kemudian, mulailah perjalanan menuju Silancur Highland yang terletak di Desa Mangli, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang. Waktu tempuh sekitar dua jam hingga sampai di lokasi.

Setibanya, kamu bisa menunggu untuk menyaksikan momen mentari terbit. Setinggi 1.300 mdpl, pesona sunrise di sini tak tertandingi, dengan matahari yang muncul dari timur dan menghiasi langit dengan siluet Gunung Merapi, Merbabu, Andong, dan Telomoyo.

Setelah matahari terbit, Silancur Highland tetap memesona dengan pemandangan pegunungan yang spektakuler. Kamu dapat mengeksplorasi spot-spot foto yang tersedia dengan latar belakang pegunungan.

Menariknya lagi, kamu tak perlu susah payah mendaki untuk menikmati sunrise di sini. Selain itu, kamu bisa sekalian sarapan di warung sekitar untuk menanti matahari tersebit sekaligus menghalau hawa dingin.

Mengagumi Nepal van Java

Dari Silancur Highland, kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju Dusun Butuh, Desa Temanggung. Masih berada di Kaliangkrik, jaraknya sekitar 10 km, dengan waktu tempuh setengah jam.

Kawasan yang berada di kaki Gunung Sumbing ini memiliki julukan Nepal van Jawa karena lanskapnya yang mirip bak permukiman di Nepal, di mana rumah-rumah warganya tampak bertingkat di lereng gunung. Pemandangan alamnya pun indah dan udaranya sejuk, sehingga layak masuk dalam rencana perjalananmu.

Selain itu, saat terbaik kemari memang di pagi hari, ketika cuaca cerah dan puncak gunung yang menjadi latar pemukiman di sini terlihat jelas dan tak tertutup kabut. Hal ini juga untuk menghindari hujan yang kerap turun di sore hari.

Menjelajah Air Terjun Kedung Kayang

Destinasi terakhir untuk rencana perjalanan satu hari di Magelang adalah Air Terjun Kedung Kayang. Air terjun ini terletak di antara Gunung Merapi dan Merbabu, tepatnya di Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang.

Setinggi sekitar 40 meter, Air Terjun Kedung Kayang memiliki debit air yang cukup tinggi. Tergantung pilihan, kamu bisa menikmati air terjun tersebut dari ketinggian, atau berjalan kaki turun ke bawah untuk menyaksikan keindahannya dari dekat.

Kalau memilih opsi kedua, waktu tempuhnya sekitar 20 menit dari lokasi parkir dengan medan melewati jalan setapak. Sesampainya di Air Terjun Kedung Kayang, kamu bisa melihat aliran air yang cukup deras dengan kolam di bawahnya. Kamu bisa bermain air di sana, sebelum kembali ke lokasi parkir untuk perjalanan kembali ke Magelang atau Yogyakarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here