Il Festino Indonesia, Balap Sepeda Berstandar Internasional di Yogyakarta

Foto: Instagram @ilfestino.cc

Il Festino Indonesia, sebuah acara balap sepeda amatir berstandar internasional, akan kembali hadir pada 5 Mei 2024 di Yogyakarta. Meski mundur dari jadwal yang sebelumnya September 2022, Il Festino Indonesia 2024 tetap menjadi acara yang dinantikan oleh para penggemar balap sepeda di Indonesia.

Rute Menantang

Digelar pertama kalinya pada 2022, Il Festino Indonesia 2024 akan menyuguhkan pengalaman balap sepeda yang luar biasa bagi para pesertanya. Terinspirasi oleh balap sepeda bergengsi Giro d’Italia, acara ini mempertahankan semangat balap khas Italia dengan trek yang menantang sekaligus memanjakan mata.

Foto: Instagram @ilfestino.cc

Rute balapan sepanjang 130 km dengan elevasi 1.500 m akan menguji kemampuan peserta dan memberikan kesempatan bagi mereka untuk merasakan sensasi balapan seperti seorang profesional. Il Festino juga merupakan satu-satunya balap sepeda di Indonesia yang difasilitasi dengan standar pencatatan waktu internasional.

Keunikan lainnya dari Il Festino Indonesia adalah keterlibatan masyarakat dan komunitas sepeda lokal. Di setiap titik pemeriksaan, peserta akan disambut oleh masyarakat atau komunitas sepeda lokal yang memberikan dukungan dengan menyediakan makanan dan minuman. Ini tidak hanya memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi peserta, tetapi juga memperkuat hubungan antara acara dengan komunitas sekitarnya.

Foto: Instagram @ilfestino.cc

Bergabung dengan Semarak Il Festino Indonesia 2024

Peserta dari berbagai kalangan dapat bergabung dalam acara ini. Batas usia minimum untuk berpartisipasi adalah 18 tahun saat lomba digelar. Peserta dapat mendaftar melalui situs resmi Il Festino di ilfestino.cc. Namun, perlu diperhatikan bahwa pendaftaran bersifat pribadi dan tidak dapat ditransfer atau dijual kepada pihak lain.

Selain itu, peserta Il Festino harus memiliki asuransi kesehatan dan asuransi jiwa yang valid pada hari perlombaan. Pihak penyelenggara dapat meminta bukti polis asuransi jika diperlukan dan menawarkan produk asuransi kesehatan dan jiwa jika dibutuhkan.

Foto: Instagram @ilfestino.cc

Kategori lomba Il Festino Indonesia 2024  terbagi menjadi empat, yakni General, Sprint, King/Queen of Mountain, dan Under 23/Young Rider. Biaya registrasinya Rp3,5 juta per orang, sudah termasuk nomor BIB, jersey Pedla, serta merchandise spesial Il Festino Indonesia 2024.

Jenis sepeda yang diizinkan untuk dipakai di Il Festino Indonesia 2024 adalah road bike dengan frame tradisional. Sepeda telentang, sepeda gunung, sepeda listrik, dan road bike dengan alat bantu listrik atau roda bantu tidak diperbolehkan. Berat minimum sepeda adalah 6,8 kg dengan lebar ban sepeda tidak melebihi 30 mm.

Pesepeda wajib mengenakan helm selama berkendara. Helm wajib yang bersertifikat dengan mekanisme pengencang yang dapat diatur dan dilengkapi dengan kunci. Sejumlah aturan maupun informasi lainnya bisa dicek di tautan ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here