Great Paniisan Trail Kembali Digelar 30 September, Lombakan Kategori 32K dan 45K

Foto: Instagram @ferri_mt2

Great Paniisan Trail merupakan salah satu lomba lari lintas alam yang selalu dinanti oleh para pegiat olahraga. Dengan rute di sekitaran dataran tinggi Sentul, Kabupaten Bogor, acara ini tak hanya menyuguhkan medan yang menantang, namun juga alam yang sejuk dan asri.

Tahun ini, Great Paniisan Trail 2023 akan dilangsungkan pada 30 September mendatang. Seperti tahun-tahun sebelumnya, ajang olahraga ini melombakan dua pilihan kategori.

Pertama, kategori Red Star dengan jarak tempuh 32 km, total elevasi 2.860 m, dan COT (batas waktu untuk menyelesaikan tantangan) 9 jam. Kemudian, ada kategori Black Star dengan jarak tempuh 45 km, total elevasi 3.920 m, dan COT 12 jam.

Foto: Instagram @hardiansyah_hrp

Semua peserta akan mengawali dan mengakhiri kegiatan lari mereka di Nasihin Parking Lot – Wangun, Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang. Dari situ, rutenya akan mengarah ke Gunung Ciung, Bukit Paniisan, Curug Kencana, Wangun Depok, sebelum kembali ke titik awal.

Great Paniisan Trail telah menerima akreditasi dari ITRA (International Trail Running Association), merupakan bagian dari UTMB World Series Qualifier Races dengan 50K UTMB Qualifying Points, baik untuk kategori Red Star ataupun Black Star.

Foto: Instagram @rabinagiyuda

Karena itu, calon peserta yang ingin mengikuti Great Paniisan Trail wajib sudah memiliki 1 poin ITRA/UTMB untuk kategori Red Star dan 2 poin ITRA/UTMB untuk kategori Black Star. Poin tersebut diperoleh antara 1 Januari 2019 hingga 31 Agustus 2023. Pengecekan poin bisa dilakukan di laman ini.

Syarat lainnya, peserta telah berusia 18 tahun, memiliki KTP/KITAS/KITAP, dalam kondisi sehat, dan mampu menyelesaikan lomba yang penuh tantangan ini. Pasalnya, peserta mesti berlari dalam kegelapan pagi dan sepanjang hari melalui daerah pegunungan.

Foto: Instagram @ferri_m

Selain itu, peserta wajib mempersiapkan diri untuk menghadapi masalah yang mungkin terjadi di lapangan, misalnya kondisi cuaca yang tak bisa diprediksi saat berlari, entah itu angin kencang ataupun hujan.

Untuk registrasi, silakan kunjungi situs resmi Great Paniisan Trail atau klik tautan ini. Biaya pendaftaran adalah Rp800 ribu untuk kategori Red Star dan Rp1 juta untuk kategori Black Star. Pendaftaran akan ditutup pada 20 Agustus 2023 pukul 18:00 WIB atau bisa lebih cepat bila kuota terpenuhi. Info lebih lanjut, kunjungi akun Instagram @sentulultra.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here