Menjelajahi Semesta Alternatif di Pameran Imagining Noumena

Foto: Instagram @cansgallery

Bekerja sama dengan ArtSociates, CAN’s Gallery menghadirkan pameran seni tunggal dari Rendy Raka Pramudya. Bertajuk Imagining Noumena, pameran ini berlangsung hingga 27 Juli 2023 di CAN’s Gallery, Jl. Tanah Abang II No. 25, Jakarta Pusat.

Sesuai tajuknya, pameran ini terinspirasi dari noumena, sebuah konsep dalam filsafat yang berasal dari pemikiran Immanuel Kant. Konsep ini merujuk pada realitas yang ada di luar kemampuan persepsi seseorang. Kenyataan tersebut tak dapat dijangkau oleh indrawi manusia, dan hanya bisa ditangkap oleh daya imajinasi.

Foto: Instagram @cansgallery

Lewat pameran Imagining Noumena, Rendy menghadirkan karya-karya yang menunjukkan hasil imajinasinya terhadap noumena. Sebut saja lukisannya yang berjudul ‘Kehendak Dalam Penciptaan: Dalam Noumena 2’. Dalam karya tersebut, ia bermain warna, tekstur, dan komposisi untuk memanifestasikan interpretasinya tentang alam semesta.

Lebih lanjut, karya-karya lukisan Rendy ini merupakan kritiknya terhadap realisme materialistik dan linguistik. Rendy menciptakan dunia imajinatif yang memperhatikan intuisi, sebagai pendekatan artistik yang unik dalam membaca dan menginterpretasikan filsafat.

Foto: Instagram @cansgallery

Karya-karya Rendy juga menekankan pentingnya pengalaman dalam proses mencipta, ketimbang hanya fokus pada kebenaran mutlak. Tak hanya itu, karya-karya tersebut pun menandakan pergeseran paradigma dalam seni kontemporer, dengan memperlihatkan sensitivitas pasca-representasional serta menghidupkan kembali diskusi yang dinamis mengenai lukisan abstrak dalam konteks zaman sekarang.

Rendy Raka Pramudya merupakan seniman lulusan jurusan Seni Rupa Lukis di Institut Teknologi Bandung. Sepanjang kariernya, karya-karyanya telah ditampilkan di sejumlah ajang pameran dan galeri bergengsi, seperti UOB Painting of the Year 2017, Shared Coordinates 2018, The Art House Singapore, Art Fair Philippines, Silverlens Galleries, Ayala Center, dan Makati City (2017).

Foto: Instagram @cansgallery

Pameran Imagining Noumena dapat dinikmati tiap Senin hingga Sabtu (kecuali hari libur nasional), mulai pukul 10:00 hingga 17:00, di CAN’s Gallery. Info lebih lanjut, kunjungi akun Instagram @cansgallery, www.cansgallery.com, atau hubungi 085959541629.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here