4 Tangga Spektakuler di Berbagai Belahan Dunia

Di berbagai fasilitas publik, tangga sudah mulai ditinggalkan dan tergantikan oleh keberadaan eskalator. Padahal, tangga yang dibangun sempurna bisa menjadi destinasi wisata yang menarik. Desain dan sejarah di baliknya menjadi magnet bagi para wisatawan. Berikut adalah empat anak tangga spektakuler yang menyimpan pesona luar biasa.

  1. Chand Baori, Rajasthan, India

Sumur-sumur di India memiliki keunikan yang tidak dimiliki daerah lain. Sumur ini dilengkapi dengan anak tangga atau baori di dinding-dindingnya. Salah satunya yang paling dalam dan luas adalah Chand Baori di wilayah Rajasthan.

Sumur ini memiliki kedalaman 30 meter dengan 3.500 anak tangga terukir di dinding sumurnya, menjorok ke bawah hingga 13 lantai. Keindahan anak tangga dan susunan geometrisnya membuat tempat ini dengan cepat menjadi destinasi wisata favorit. Sulit dibayangkan memang, tapi sumur berskala besar ini dibuat pada abad kesembilan.

  1. Tangga Spiral Gunung Taihang, Provinsi Henan, Cina

Tangga spiral tinggi di sisi gunung menjadi ciri khas dari Gunung Taihang. Terbuat dari besi yang dilapisi cat hijau, tangga ini tampak mencolok berada di hadapan tebing batu kecokelatan. Keberadaannya jelas menambah pemandangan yang menarik dari Gunung Taihang.

Tangga spiral ini memiliki ketinggian 91. Wisatawan yang menaikinya harus melewati putaran sebanyak 21 kali. Tidak heran tangga ini hanya terbuka untuk orang-orang berusia di bawah 60 tahun dan tanpa riwayat penyakit jantung. Bahkan, beberapa orang yang sehat sekalipun mungkin akan memilih untuk melewatkan pengalaman naik tangga yang satu ini.

  1. Huashan, Provinsi Shaanxi, Cina

Tangga yang mengelilingi Gunung Hua memiliki tantangan yang jauh berbeda dari tangga-tangga lainnya. Untuk mencapai puncak yang paling tendah di ketinggian 1.614 meter saja membutuhkan 3.800 anak tangga. Bayangkan berapa banyak tangga yang harus dilalui untuk mencapai puncak tertingginya yang berada di 2.083 meter.

Meski memiliki trek yang sulit dan curam, anak tangga yang terukir di tebing-tebing batu ini akan membawa wisatawan kepada pemandangan yang spektakuler. Pastikan saja tetap berhati-hati ketika menapakinya agar terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan.

  1. Montagne de Bueren, Liege, Belgia

Di daerah bersejarah Liege, terdapat anak tangga lebar yang menghubungkan benteng tua dengan pusat kota sebagai akses langsung bagi para prajurit perang. Tangga ini sedikit curam, tapi cukup aman karena memiliki struktur yang lebar. Pendaki bisa berhenti kapan saja di tangga yang memiliki 374 tanjakan ini.

Setiap dua tahun, yang kali ini akan jatuh pada Juni, tangga Bueren dihiasi dengan lilin dan bunga berwarna-warni. Sudut tangga yang curam membuat keindahannya mudah diamati dari kaki tangga. Pesona arsitektur yang satu ini memang semakin cantik dengan hiasan bunga dan lilin, selain tambahan cat warna pada kanvas yang kosong.

Teks: Levana Florentia | Editor: Melinda Yuliani

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here