Menyelami Keindahan Laut Lewat Pameran The Breathing Sea

Foto: Instagram @selasarsunaryo

Bekerja sama dengan Kedutaan Besar Italia dan Institut Kebudayaan Italia, Selasar Sunaryo Art Space (SSAS) menggelar pameran The Breathing Sea yang berlangsung hingga 16 Juli 2023 di Bale Tonggoh. Pameran ini merupakan pameran tunggal dari Concetta De Pasquale, seorang seniman berkebangsaan Italia.

De Pasquale menekuni studi sejarah seni di Universitas Urbino dan seni lukis di Akademi Seni Rupa Brera di Milan. Minatnya terhadap legenda rute pelayaran berbasis pictorial map membawanya pada pemahaman sensitivitas material terhadap relasi antara tubuh fisik dan spiritual.

Foto: Instagram @selasarsunaryo

Sejak 1979 hingga sekarang, De Pasquale aktif berpameran di ruang publik, museum, galeri, serta beberapa pameran seni rupa di Italia dan luar negeri, termasuk Indonesia. Sebut saja Biennale Internazionale d’Arte Contemporanea di Firenze dan Biennale di Venezia.

Dalam pameran The Breathing Sea di Selasar Sunaryo Art Space, De Pasquale memamerkan 24 lukisan yang memiliki tema perjalanan hidup dan ruang imajinatif nirbatas di dalam semesta laut. Semua karya lukisnya terinspirasi oleh pengalamannya selama menjalani program residensi seniman di Pulau Siladen, Provinsi Sulawesi Utara pada 2019.

Foto: Instagram @selasarsunaryo

Secara historis, pengalaman seniman di pulau terluar Nusantara ini mengingatkan kita pada kisah perjalanan para pelukis Eropa menuju dunia Timur sejak abad ke-18 hingga awal abad ke-20. Mereka tak hanya merekam kehidupan sehari-hari, tetapi juga menyimpan catatan pribadi yang sejalan dengan motivasi artistik mereka, bahkan memproduksi genre seni yang populer sebagai cendera mata dan kenangan pribadi atau orang lain.

Karya-karya De Pasquale dalam pameran The Breathing Sea memperlihatkan keahliannya dalam mengatur komponen visual dengan rapi. Sentuhan responsif dan pemilihan warna-warna transparan yang jernih dan tak terduga terlihat dalam sebagian besar lukisannya.

Foto: Instagram @selasarsunaryo

Para penikmat seni juga dapat melihat upaya sang seniman dalam menggambarkan abstraksi objek-objek pemandangan alam. Bentuk-bentuk cangkang fauna purba, jejak kaki, dan nuansa objek samar-samar menghiasi setiap tekstur kertas dan kanvas.

Tertarik datang langsung ke pameran The Breathing Sea untuk menyaksikan keindahan semesta laut lewat goresan lukisan sang seniman? Kamu bisa langsung mengunjungi Selasar Sunaryo Art Space di Jl. Bukit Pakar Timur No. 100, Ciburial, Kec. Cimenyan, Kabupaten Bandung. Pameran buka setiap harinya, kecuali Senin dan hari libur nasional, dari pukul 10:00 hingga 17:00.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here