Menyambangi Permukiman Kuno di Situs Purbakala Cipari

Foto: Dok. Google Maps/Ugi Sugiharto

Dapat diakses selama 90 menit berkendara dari Cirebon, Kuningan yang sejuk menawarkan banyak destinasi menarik untuk penyuka alam. Namun, pencinta budaya pun bakal dimanjakan di sini dengan keberadaan museum maupun situs bersejarah.

Sebut saja Situs Purbakala Cipari. Terletak di ketinggian 661 mdpl, situs seluas 7.000 meter persegi ini berada di kaki Gunung Ceremai dan berjarak sekitar empat kilometer dari pusat kota Kuningan. Lokasi tepatnya di Jalan Museum Taman Purbakala, Cipari, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan.

Foto: Instagram @ceritabangdoel

Awalnya pada 1972, di situs ini ditemukan sebuah peti kubur batu yang merupakan ciri kebudayaan masa prasejarah. Tiga tahun kemudian ditemukan kembali perkakas dapur, gerabah, perunggu, dan bekas-bekas fondasi bangunan.

Situs ini terhitung cukup lengkap untuk menggambarkan kehidupan masyarakat pada masa akhir Neolitik, yaitu pada awal pengenalan bahan perunggu yang berkisar antara 1000 dan 500 sebelum Masehi.

Foto: Dok. Google Maps/Nur Hidayah

Karena keberadaannya yang penting, di situs ini kemudian dibangun sebuah museum untuk menyimpan maupun memajang benda-benda hasil temuan tersebut. Di sinilah pengunjung bisa melihat berbagai barang yang merupakan perkembangan teknologi yang sudah maju di zamannnya.

Selain mengunjungi bagian dalam museum, kamu juga bisa berjalan-jalan mengelilingi situsnya di bagian luar. Di sana, kamu bisa melihat sejumlah peninggalan unik, termasuk susunan batu berbentuk lingkaran yang disebut Batu Temu Gelang. Tempat tersebut diperkirakan digunakan untuk menggelar upacara demi menghormati arwah nenek moyang, selain merupakan tempat untuk warga berkumpul.

Foto: Instagram @muhamadjupri182

Tertarik mengunjungi situs ini? Tanpa perlu membayar mahal, kamu cukup membeli tiketnya sebesar Rp2.000 saja. Sembari berkeliling melihat situs sejarah tersebut, kamu bisa menikmati udaranya yang sejuk khas dataran tinggi.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here