Rangkaian Acara Seru Meriahkan Indonesia Comic Con Pop Asia 2023

Dok. Indonesia Comic Con

Para penggemar budaya pop, siapkan kostum terbaikmu dan bersiaplah mengikuti keseruan Indonesia Comic Con Pop Asia 2023! Acara ini akan berlangsung selama tiga hari mulai Jumat, 23 Juni.

Acara yang diselenggarakan oleh Panorama Media ini tidak hanya menyajikan hiburan semata, tetapi juga berperan sebagai sarana untuk mempercepat perkembangan industri kreatif di Indonesia. Dengan dukungan dari berbagai pihak, Indonesia Comic Con Pop Asia 2023 hadir dengan konsep yang ditingkatkan, konten menarik, dan koaborasi yang tak biasa.

Indonesia Comic Con sendiri tadinya hanya berlangsung satu kali dalam setahun. Namun Panorama Media selaku penyelenggara memutuskan untuk mengadakan acara ini dua kali dalam setahun. Di gelarannya yang pertama tahun ini, temanya adalah Pop Asia dengan fokus yang lebih besar pada budaya populer Asia.

Untuk mendukung kegiatan Indonesia Comic Con Pop Asia 2023, Panorama Media menjalin kolaborasi dengan berbagai pihak. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Kementerian Perdagangan, dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta adalah beberapa di antaranya.

Selain itu, kolaborasi juga dilakukan dengan BRI sebagai Official Mobile Banking Partner, Nu Green Tea sebagai Official Drink Partner, Sony sebagai Official Gaming Partner, Sharp dan Crystaline sebagai Brand Partnership, serta masih banyak lainnya.

Foto: Instagram @indocomiccon

Di penyelenggarannya kali ini, Indonesia Comic Con juga akan mengadakan Artist Convention. Acara ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada para pelaku industri kreatif, baik mahasiswa maupun kreator yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang industri kreatif dari para ahli yang memiliki pengalaman panjang dalam bidang tersebut

Selain aspek edukasi, Indonesia Comic Con Pop Asia 2023 turut menampilkan konser dengan musik karya anak bangsa dan internasional. Beda dengan Artist Convention yang tidak dipungut biaya, konser ini dikenakan tiket tersendiri yang sudah termasuk akses masuk ke Indonesia Comic Con Pop Asia 2023.

Para pengunjung acara ini dapat bertemu dengan bintang komikus, vtuber, cosplayer, dan DJ lokal maupun internasional. Selain itu, Indonesia Comic Con juga menjadi platform bagi brand untuk melakukan aktivasi produk dan perfilman.

Beberapa merek seperti Petualangan Sherina 2, Ultraman, Kuncing Hitam, Periplus, Beyondtopia, dan Rexus akan melakukan aktivasi yang menarik perhatian pengunjung dengan berbagai keunikan dan keseruan acara. Indonesia Comic Con Pop Asia juga memberikan kesempatan bagi para brand untuk melakukan talent scouting dan bagi pengunjung untuk melakukan portfolio review. Dengan menyelaraskan hiburan dan edukasi, Indonesia Comic Con Pop Asia berusaha meningkatkan pertumbuhan para pelaku industri kreatif di Indonesia.

Berbagai Kolaborasi

Kolaborasi di Indonesia Comic Con Pop Asia 2023 melibatkan berbagai pihak, termasuk Disparekraf, Kementerian Perdagangan, Asosiasi Komik Indonesia, penerbit, studio, dan individu. Disparekraf berkolaborasi dengan Indonesia Comic Con untuk membuat paviliun bagi para kreator di DKI Jakarta, yang membantu memperluas eksposure karya mereka. Kolaborasi ini juga bertujuan untuk mendukung pengembangan industri kreatif dan memajukan ekspor karya-karya Indonesia ke luar negeri.

Kementerian Perdagangan bekerja sama dengan Asosiasi Komik Indonesia dalam mengkurasi studio-studio di dalam paviliun mereka. Kolaborasi ini memberikan kesempatan bagi komikus untuk terus berkarya dan mengembangkan diri melalui berbagai program dan kesempatan yang disediakan. Selain itu, Indonesia Comic Con Pop Asia 2023 juga melakukan kolaborasi dengan beberapa pemain komik dari penerbit, studio, dan individu lainnya.

Selain kolaborasi dengan kementerian dan komunitas, Indonesia Comic Con Pop Asia 2023 juga berkolaborasi dengan berbagai merek terkait seperti Sony, Unipin, Arcanum, Sacca Production, Pioneer, Provaliant, dan CLAS:H. Masing-masing merek tersebut turut berkontribusi dalam pilar-pilar acara, seperti gaming, mainan, musik, film, dan cosplay.

Acara ini juga menghadirkan sejumlah tamu spesial dalam berbagai bidang. Untuk pencinta perfilman, ada produser, sutradara, dan aktor dari film ‘Petualangan Sherina 2’ yang akan membahas film tersebut. Bagi penggemar cosplayer, ada tamu-tamu internasional seperti Xiaoyukiko, Hikarin, Reika, serta cosplayer lokal Rian CYD dan Yumaki.

Untuk penggemar vtuber, hadir empat vtuber ternama dari Hololive Indonesia dan vtuber dari Maha5. Sementara itu, bagi pencinta komik, hadir beberapa komikus terkenal seperti Fajar Hadria Putra, Archifriend, Hendry Prasetya, Bryan Valenza, dan banyak lagi. Tak ketinggalan, hadir pula serial komik Maghfirare, Mice Cartoon, serta Elektrichka yang akan segera launching di Indonesia Comic Con.

Acara ini juga menghadirkan DJ lokal dan internasional serta penyanyi internasional dalam After Dark Concert, seperti DJ Ribeat dari Orutaku, DJ H.L.D.N, DJ Yochi, Weird Genius, May’n, Rica Matsumoto, aLf, Darlim, dan masih banyak lagi.

Tiket Masuk

Foto: Instagram @indocomiccon

Tiket masuk untuk Indonesia Comic Con Pop Asia 2023 memiliki berbagai kategori dengan harga yang bervariasi, yakni mulai Rp175 ribu per hari untuk Cosplayer Ticket dan Rp200 ribu untuk General Ticket hingga Rp2,5 juta untuk Ultimate Access Ticket. Detail tiket dapat dilihat di tautan ini. Pembelian tiket hanya melalui Official Ticketing Partner, yakni Konser.co.id.

Nikmati juga kesempatan mendapatkan tiket gratis bagi 100 cosplayer pertama setiap harinya. Syaratnya, kostum lengkap yang digunakan harus sesuai dengan foto referensi saat registrasi. Akses masuk gratis khusus cosplayer hanya berlaku pada Jumat, 23 Juni pukul 12:00-13:00 serta Sabtu dan Minggu, 23-24 Juni pukul 10:00-11:00. Info lebih lanjut, kunjungi akun Instagram @indocomiccon.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here