Pameran Seni Matrajiva di Artina Sarinah

Foto: Instagram @romanschrijver

Mengunjungi pameran seni merupakan salah satu cara untuk mengapresiasi karya seniman sekaligus melebur ke dalam dunia seni. Di Sarinah, pusat perbelanjaan terkenal di Jakarta Pusat, kamu bisa menjumpai pameran seni yang menarik di Artina.

Terletak di Gedung Sarinah Lantai 6, Artina menghadirkan edisi keduanya yang bertajuk Matrajiva. Kontemplasi karya seni rupa kontemporer dalam pameran ini mengangkat tema tentang dimensi spiritual maupun religius lintas disiplin dari 22 seniman Nusantara.

Foto: Instagram @nuartpark

Salah satu karyanya adalah ‘Wa’anak Witu Watu’ persembahan Natasha Tontey. Berarti ‘Beranak dalam Batu’, karya tersebu menelusuri fiksi, mitos, dan kosmologi masyakarta Minasaha yang meyakini bahwa manusia pertama adalah seorang perempuan yang menghasilkan keturunan melalui batu.

Kemudian ada ‘Aku, Chairil!’ karya Riri Riza dan Mira Lesmana. Berupa rangkaian video seni dalam proyeksi empat kanal, karya ini menjadi semacam pintu untuk memasuki dunia Chairil, salah satu sastrawan terpenting Indonesia abad ke-20.

Foto: Instagram @artina_sarinah

Karya lainnya yang tak kalah menarik adalah ‘Pitarah (Leluhur)’ dari Monica Hapsari. Menggunakan berbagai material yang unik, seperti arang, daun dan batang pisang, hingga batu gunung andesit, instalasi bunyi ini merepresentasikan jembatan penghubung yang dapat menembus ruang dan waktu.

Pameran Matrajiva di Sarinah bukan hanya sebuah pameran seni biasa, tetapi juga sebuah ajang untuk mengapresiasi karya seni Indonesia yang berkualitas. Pameran ini membawa pengunjung ke dalam dunia seni yang penuh dengan keindahan dan kreativitas, serta menunjukkan kecintaan seniman terhadap seni.

Foto: Instagram @rhmayri

Total ada 22 seniman yang ikut berpartisipasi dalam pameran Matrajiva. Selain yang sudah disebutkan di atas, sejumlah seniman lainnya antara lain Agnes Christina, Agus Suwage, Edward Hutabarat, I Made Somadita, Rubi Roesli, Widayat, dan masih banyak lagi.

Pameran Matrajiva dapat menjadi kesempatan yang baik untuk memperkenalkan seni Indonesia kepada masyarakat. Selain itu, pameran ini juga bisa menjadi ajang untuk mengenalkan seniman Indonesia yang berkualitas dan memperkenalkan karya-karya mereka ke dunia internasional.

Tertarik kemari? Pameran Matrajiva berlangsung hingga 31 Mei 2023 di Gedung Sarinah Lantai 6 mulai pukul 10:00 hingga 21:00. Tiket masuknya Rp50 ribu per orang, sementara anak usia di bawah 3 tahun gratis. Pembelian tiket bisa langsung di lokasi pameran ataupun melalui Loket.com.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here