Memanen Angin, Pameran Tunggal Lully Tutus di Jogja Gallery

Foto: Instagram @wid.balada

Jogja Gallery tengah menghadirkan pameran terbarunya yang bertajuk Memanen Angin. Berlangsung sampai 22 Juni 2023, pameran ini merupakan pameran tunggal perdana dari Lully Tutus.

Kurator pameran ini adalah Mikke Susanto, yang telah memilih dengan cermat 33 karya untuk memenuhi ruang pamer Jogja Gallery. Masing-masing menampilkan goresan warna-warni dari sang perupa untuk mewartakan dunia yang terang benderang.

Foto: Instagram @_kakhan

Melalui pameran ini, Lully Tutus ingin mengungkapkan pengalaman hidupnya yang penuh tekanan semenjak mulai dewasa. Ia kemudian memadukan elemen realitas (fakta) dengan non-realitas (fiksi) secara koheren melalui gaya dekoratifnya yang khas.

Bagi sebagian besar orang, lukisan dianggap sebagai khayalan semata. Namun Lully Tutus justru merasa bahwa realitas, mitologi, fabel, atau gosip yang beredar di masyarakat seperti angin yang melintas dan terasa nyata.

Foto: Instagram @wid.balada

Baginya, angin itu membawa perasaan resah, gembira, atau sesuatu yang biasa saja. Tak hanya melintas, angin tersebut membeku dalam pikiran dan benaknya. Hal inilah yang membuat kanvas-kanvasnya bak buku cerita yang penuh warna.

Melalui lukisan-lukisan ini, Lully Tutus ingin mengingatkan kita bahwa kehidupan tidaklah hitam-putih, melainkan penuh dengan nuansa sedih-senang, hidup-mati, dan kenyang-lapar. Warna-warna terang yang digunakan dalam karya-karya ini mencerminkan kehidupan yang penuh dengan masalah, namun juga kemudahan.

Foto: Instagram @lalarijka

Lukisan-lukisan Lully Tutus juga menawarkan perspektif baru tentang arti hidup dan memberikan jawaban yang mungkin hanya berupa ‘angin’ bagi penonton. Setiap objek yang digambarkan dalam lukisannya memiliki bentuk yang amorf, tergantung pada sudut pandang setiap individu. Pameran tunggal ini memberikan kesempatan bagi Lully Tutus untuk ‘memanen angin’ dan menyajikan karyanya kepada khalayak.

Penikmat seni yang tertarik mengunjungi pameran ini dapat langsung menuju Jogja Gallery di Jl. Pekapalan No. 7, Alun-alun Utara, Yogyakarta. Jam operasional pameran mulai pukul 10:00-12:00 dan 13:00-18:00 setiap harinya. Seharga Rp20 ribu, tiket masuk pameran dapat dibeli melalui bit.ly/ReservasiMAG.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here