Besok, Galeri Nasional Gelar Pameran Tunggal Otty Widasari

Galeri Nasional Indonesia akan menghadirkan pameran tunggal Otty Widasari pada 9 Maret hingga 8 April 2022. Bertajuk ‘Partisan’, pameran tunggal ketiga Otty ini menjadi semacam konklusi dari proyek dua pameran tunggal sebelumnya, yakni ‘Ones Who Looked at the Presence’ (2015) dan ‘Ones Who Are Being Controlled’ (2016).

Di proyek sebelumnya, Otty membedah bagaimana teknologi media baru dapat menggugah gestur subjek terhadap kamera, serta mengungkap proses directing yang memengaruhi perekam maupun yang direkam. Sementara ‘Partisan’ yang dikuratori oleh Luthfan Nur Rochman ini ingin mencoba membingkai hasil karya Otty Widasari selama hampir dua dekade secara konseptual dalam bentuk karya video, teks, maupun performance.

Foto: Instagram @forumlenteng

Pustanto selaku Kepala Galeri Nasional Indonesia Pustanto mengakui bahwa Otty Widasari merupakan salah satu seniman penting dalam perkembangan seni kontemporer Indonesia. “Dengan latarnya yang beragam, praktik kesenian maupun karya-karya Otty menjadi kaya narasi,” katanya dalam siaran pers.

Ia menilai sang seniman berhasil mendekatkan seni rupa dengan keseharian masyarakat, membuat masyarakat merasakan secara langsung pengaruh seni dalam kehidupan mereka. Karena itulah, karya yang ditampilkan maupun proses bagaimana karya itu dibuat dengan melibatkan masyarakat menjadi daya tarik pameran ini.

Pustanto berharap pameran ini dapat memberikan kesempatan kepada publik untuk mengenal lebih dekat sosok Otty Widasari, sekaligus memicu munculnya gagasan dan praktik-praktik kesenian lainnya yang mampu mendekatkan seni dengan masyarakat.

Foto: Instagram @hafizrancajale

Pameran ‘Partisan’ merupakan hasil kerja sama Galeri Nasional Indonesia dengan Forum Lenteng, Milisifilem Collective, Kolektif Proyek Edisi, 69 Performance Club, Milisifilem Colective, dan Ferial Afiff.

Berlangsung di Gedung D Galeri Nasional Indonesia pada 9 Maret hingga 8 April 2022 pukul 10:00 hingga 19:00 WIB, pameran ini terbagi menjadi beberapa sesi kunjungan. Sebelum kedatangan, pengunjung wajib registrasi secara daring melalui galnas-id.com paling lambat enam jam sebelum jadwal kunjungan. Di laman tersebut, pengunjung juga bisa melihat jadwal, jam sesi, maupun kuota kunjungan yang tersedia.

Selain menampilkan karya-karya Otty, pameran ini juga menghadirkan presentasi Seni Perfomans mulai 9 hingga 15 Maret 2022 antara pukul 11:00 hingga 18:00. Dalam satu hari, ada tiga sesi pertunjukan dari seniman yang berasal dari beberapa lokasi di Indonesia, antara lain Ferial Afiff dari Bandung, kolektif Proyek Edisi dari Yogyakarta, serta 69 Performance Club dan Milisifilem Collective dari Jakarta. Tak hanya itu, pameran ini juga dilengkapi tur kuratorial pada 13 Maret 2022 pukul 15:00 hingga 17:00.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here