Ke Kebumen, Jangan Lewatkan Mampir di Pantai Menganti!

Foto: Instagram @iamhirman_

Ketimbang jalur pantai utara yang pemandangannya tergolong monoton, para pelaku road trip lebih menggemari jalur pantai selatan dengan suguhan panorama yang indah. Untuk pengalaman yang lebih berkesan, kamu bisa mencoba bermalam di salah satu pantainya dengan mendirikan tenda.

Ada banyak lokasi yang bisa kamu pilih, seperti Pantai Menganti di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, sekitar 45 km jauhnya dari pusat kota Kebumen. Sepanjang perjalanan kemari, kamu akan disuguhkan pemandangan persawahan maupun perbukitan.

Foto: Instagram @rifkiardian_26

Mendekati lokasi, trek yang tadinya landai berubah menjadi naik turun dan berkelok-kelok melewati bukit, sehingga diperlukan keahlian dari pengemudi. Namun semua usaha itu akan terbayar setibanya di lokasi.

Pantai Menganti tampak menawan dengan hamparan pasir putih maupun jajaran tebing curam sebagai latarnya. Di satu sisi, kamu bisa melihat aktivitas nelayan yang pulang dari melaut dan melabuhkan kapalnya di sana. Tampak pula spot-spot foto di sekitarnya, termasuk Jembatan Merah yang dibangun di atas bebatuan.

Foto: Instagram @firman_saksono

Bila ingin menikmati pemandangannya dari ketinggian, kamu bisa mendaki tebingnya, baik dengan berjalan kaki ataupun kendaraan bermotor. Di sana, kamu bisa menjumpai mercusuar yang bisa sekaligus menjadi lokasi menikmati matahari terbit dan terbenam.

Fasilitas

Pantai Menganti menyediakan area parkir yang luas. Biaya parkirnya gratis, kamu cukup membayar tiket masuk objek wisata Pantai Menganti sebesar Rp20 ribu per orang.

Foto: Instagram @faozanarkaanwinotro

Dengan membayar tiket tersebut, kamu sudah dapat mendirikan tenda di sana. Cukup bawa perlengkapan maupun perbekalan yang kamu butuhkan untuk bermalam di sana. Opsi lainnya, kamu bisa memanfaatkan jasa penyewaan perlengkapan camping yang tersedia.

Biaya paketnya Rp100 ribu untuk maksimal 4 orang. Fasilitasnya berupa tenda, tiga matras, dan jasa bongkar pasang tenda. Ada pula paket seharga Rp175 ribu yang sudah termasuk cooking set, kompor, dan empat sleeping bag.

Foto: Instagram @iamhirman_

Selain area camping dan jasa penyewaan perlengkapannya, Pantai Menganti juga dilengkapi fasilitas penunjang lainnya. Sebut saja deretan warung makan di sekitar pantai yang menjual aneka hidangan laut. Ada pula sejumlah gazebo maupun payung dan kursi untuk bersantai.

Kalau ingin bermain air di pantainya, ada baiknya agar tak terlalu jauh ke tengah. Pasalnya, ombaknya besar dan lebih cocok untuk berselancar. Lagipula, kebanyakan pengunjung datang kemari untuk berburu foto, kuliner, atau sekadar bersantai sambil menikmati pemandangan pantai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here