Jagad Gallery di Jakarta Gelar Pameran Patung Karya 5 Perupa

Foto: Instagram @jagadgallery

Sukses menggelar pameran perdananya pada Januari lalu, Jagad Gallery di Jakarta kembali menghadirkan pameran terbarunya yang bertajuk Somatic Sculpture: Materiality, Form and Representation. Kali ini, pameran tersebut menampilkan karya seni patung dari lima perupa Indonesia.

Sesuai tajuknya, pameran ini berangkat dari pemikiran akan pentingnya aspek fisik karya seni patung, dari material, teknik pembuatan, hingga bentuknya. Kehadiran fisik ini tak hanya dinikmati lewat visual, namun juga sentuhan.

Foto: Instagram @jagadgallery

Sentuhan yang dimaksud tak sekadar sentuhan fisik, namun juga sensasi tubuh secara keseluruhan yang distimulai oleh tampilan fisik karya patung. Hal inilah yang kemudian disebut pengalaman somatic.

“Karya-karya patung yang dengan gagasan – konten, bentuk, material dan teknik – yang kuat, padu, dan berkarakter akan memberikan dampak somatic yang kuat pada pemirsanya, serta memicu aspek perseptual serta pemikiran,” jelas Asmudjo J. Irianto, kurator pameran dalam pengantar pameran.

Foto: Instagram @jagadgallery

Hal inilah yang melatari karya-karya dalam pameran Somatic Sculpture: Materiality, Form and Representation. Para perupa dalam pameran ini masing-masing menunjukan tampilan bentuk yang unik dan berkarakter. Hal ini tak lepas dari perbedaan material, teknik, maupun kontennya.

Nyoman Nuarta, Ivan Sagita, dan Anusapati menampilkan karya-karya yang telah menjadi karakter khas masing-masing, yang terbentuk setelah melalui perjalanan panjang karier berkesenian. Sementara Dadi Setiyadi dan Wayan Upadana menampilkan karya-karya yang menunjukkan proses perjalanan mereka untuk mendapatkan identitas.

Foto: Instagram @jagadgallery

Salah satu karya menarik dalam pameran ini adalah ‘Menggapai Harapan’ dari Nyoman Nuarta. Karya tersebut berupa figur enam manusia dengan gestur tubuh bergerak menggapai sesuatu yang lebih tinggi, bersaing satu sama lain pada satu pusaran spiral.

Melalui karya ini, Nyoman Nuarta ingin menggambarkan manusia yang berpacu dalam menggapai sebuah cita-cita. Lewat karya ini juga ia ingin menyampaikan doa dan harapan untuk siapa saja yang tengah mengejar impian, yang kemudian ia tuangkan dalam bentuk karya patung tembaga dan kuningan.

Untuk menyaksikan karya-karya lainnya, silakan kunjungi Jagad Gallery di Wisma Geha Lantai 2, Jl. Timor No. 25, Menteng, Jakarta Pusat. Galeri buka setiap hari mulai pukul 10:00 hingga 19:00. Pameran Somatic Sculpture: Materiality, Form and Representation sendiri dapat dinikmati hingga 5 Juni 2023.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here