Menelusuri Pesona Kota Tua Kediri dari Atas Sepeda

Foto: Instagram @putriiiiys_

Sebagai kota tertua di Jawa Timur, Kediri menawarkan destinasi yang menarik bagi penyuka sejarah. Di sinilah mereka dapat menelusuri kawasan kota tuanya yang pernah menjadi pusat pemerintahan penting di era kolonial Belanda.

Untuk menjelajahi setiap sudut Kota Tua Kediri, sepeda dapat menjadi sarana transportasi yang sempurna. Dengan sepeda, kamu dapat dengan mudah melintasi jalan-jalan sempit yang berhiaskan deretan bangunan tua.

Foto: Instagram @ubaiajalah_

Sebut saja kantor Bank BRI Cabang Kediri yang dulunya merupakan bekas kantor Afdeelingsbank. Gedung tersebut masih asli, hanya ada sedikit tambahan di bagian façade bangunan.

Dari situ, kamu bisa beranjak ke Kelurahan Pakelan yang dulunya merupakan kawasan Pecinan. Tak heran bila banyak bangunan bersejarah yang ada di wilayah tersebut. Salah satunya adalah kantor Kelurahan Pakelan yang telah terdaftar sebagai cagar budaya.

Foto: Instagram @didikher81

Jangan lewatkan pula Kelenteng Tjoe Hwie Kiong yang masih terletak di kawasan Pakelan. Dibangun pada 1985, kelenteng tersebut tampak mencolok dengan pintu gerbang yang terbuat dari susunan bata berwarna merah menyala dan bergaris kuning. Di atas pintu tersebut juga terdapat papan bertuliskan ‘Yayasan Tri Dharma Tjoe Hwie Kiong Kediri’.

Bersepeda lebih jauh ke selatan, kamu akan menjumpai Masjid Agung Kota Kediri yang ikonik dengan kubah setinggi 49 meter maupun atap joglo khas Jawa. Didirikan pertama kali pada 1771, masjid terbesar dan termegah di Kediri ini sudah berulang kali mengalami pemugaran. Hanya bagian mimbar masjidnya saja yang direnovasi satu kali untuk menjaga keasliannya.

Foto: Instagram @krishna_design

Tak hanya bangunan bersejarah, bersepeda di Kota Tua Kediri juga akan membawamu melewati sejumlah pasar tradisional yang hidup dan ramai. Kamu bisa melihat berbagai pedagang yang menjajakan barang-barang unik, serta mencoba berbagai makanan khas yang hanya bisa ditemui di sini.

Selain itu, jangan lewatkan juga bersepeda di sepanjang Sungai Brantas yang melintasi Kota Tua Kediri. Kamu akan disuguhi pemandangan sungai yang mengalir tenang di antara bangunan-bangunan bersejarah.

Foto: Instagram @dito_das23

Bersepeda di Kota Tua Kediri tak hanya tentang menjelajahi sejarah, tetapi juga tentang menghargai kekayaan budaya dan warisan sejarah yang dimiliki oleh kota ini. Melalui perjalanan sepeda ini, kamu dapat menikmati serunya melintasi jalan-jalan bersejarah dan merasakan pesonanya yang tak terlupakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here