MTB Park Pesona Wanajaya, Opsi Destinasi Bersepeda di Bekasi

Foto: Dok. Google Maps/Andi Juprihatianto

Sedang mencari destinasi bersepeda yang tak jauh dari pusat kota? Kalau kamu berdomisili di kawasan Bekasi, MTB Park Pesona Wanajaya bisa menjadi pilihan. Berlokasi di Perum PGC (Pesona Gading Cibitung) 2, Desa Wanajaya, Kecamatan Bitung, bike park ini terletak sekitar 18,8 km dari Alun-alun Bekasi, atau sekitar 15 km dari Cikarang.

Karena lokasinya di tengah kota, bike park ini cocok untuk pesepeda yang malas loading. Biayanya pun terjangkau, cukup membayar tarif parkir sepeda Rp3.000, motor Rp5.000, dan mobil Rp10.000.

Foto: Instagram @rizky.dwp

Bike park ini menawarkan jalur sepeda yang membelah kawasan perhutanan. Karena itu, meski gowes di siang hari sekalipun, cuacanya tak begitu terik karena banyak pepohonan yang rindang di kedua sisi. Lain lagi kalau sehabis hujan, kamu bakal merasakan serunya gowes di tanah yang becek dan licin.

Medannya sendiri cukup ekstrem dengan rintangan yang memacu adrenalin, seperti road gap, berm, drop, dan twister track. Karena itu, bike park ini terutama cocok untuk pemula yang ingin latihan sebelum menjajal trek lain yang lebih menantang.

Foto: Dok. Google Maps/Mahendra Valentino

Selain jalur tanah, bike park ini juga menyediakan pump track yang bisa digunakan oleh pesepeda maupun pemain papan luncur. Berupa serangkaian gundukan (roller), lintasan dengan jalur beraspal ini cocok untuk meningkatkan kemampuan dasar bersepeda, terutama dalam segi pengendalian sepeda maupun kekuatan kaki dan tangan.

Pengunjung yang tertarik untuk menjajal pump track cukup membayar biaya tambahan mulai Rp20.000. Opsi lainnya, kamu bisa mencoba trek lain yang lebih ringan dan tanpa tantangan berarti. Selain untuk pesepeda pemula, trek ini bisa dilalui ATV yang disewakan Rp25.000 per lima kali putaran.

Foto: Dok. Google Maps/Ari Wahyu Widagdo

Bike park ini juga menyediakan fasilitas lain, termasuk sirkuit motocross, Taman Selfie, dan arena bermain untuk anak-anak. Menariknya lagi, tersedia pula kedai makanan yang menawarkan aneka menu, cocok untuk bersantap usai seharian beraktivitas.

Bila tertarik bersepeda di sini, MTB Park Pesona Wanajaya menetapkan sejumlah aturan bagi pesepeda agar dapat berlatih dengan aman dan nyaman. Beberapa di antaranya termasuk mengenakan perlengkapan bersepeda (seperti helm, sepatu, dan sarung tangan), tidak berhenti atau istirahat di tengah lintasan, dan tidak melawan arah. Selain itu, karena masih pandemi, pesepeda diharapkan dapat mematuhi protokol kesehatan.

Foto: Instagram @juprihatianto

Jam operasional bike park bergantung pada kondisi pandemi. Saat ini, bike park tersebut buka mulai pukul 08:00 hingga 20:00, serta tutup di hari Minggu. Sebelum berkunjung, kamu bisa menghubungi WhatsApp 081291723778 terlebih dahulu.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here