Pesona Gili Asahan, Cantik di Darat, Indah di Bawah Laut

Foto: Instagram @onedayonetravel

Kebanyakan wisatawan melewatkan hari-hari liburan mereka di Lombok dengan mengunjungi trio gili di utara Lombok atau mendaki Gunung Rinjani. Tak banyak yang tahu kalau pulau ini menawarkan banyak tempat tersembunyi yang menanti untuk dijelajahi.

Sebut saja gili-gili yang ada di pesisir barat daya, yang tak hanya indah di darat, namun juga menawarkan spot-spot terbaik untuk snorkeling. Salah satunya adalah Gili Asahan yang secara administratif berada di Desa Sekotong Tengah, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat.

Foto: Instagram @giliasahanecolodge

Lokasinya persis di samping Gili Layar dan Gili Gede. Untuk mencapainya, kamu bisa naik kapal dari Pelabuhan Tembowong selama sekitar 20 menit. Kalau berangkat tanpa menggunakan jasa tur, kamu mesti tawar-menawar harga dengan nelayan pemilik kapal.

Tarifnya sekitar Rp200 ribu per perahu yang bisa menampung 6-8 orang. Opsi lainnya, kamu bisa memesan jasa tur yang sudah termasuk biaya sewa kapal, pemandu, dan peralatan snorkeling dengan kisaran harga mulai Rp150 ribu per orang, tergantung fasilitas yang disertakan ke dalamnya.

Foto: Instagram @onedayonetravel

Pelabuhan Tembowong sendiri bisa dicapai dengan berkendara sekitar 1,5-2 jam dari Bandara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid, atau 40-60 menit dari Pelabuhan Lembar. Kamu bisa menyewa mobil atau jasa travel untuk mencapai pelabuhan ini.

Ada beberapa spot snorkeling yang direkomendasikan di Gili Asahan, yakni di depan Pearl Beach Resort, di sekitar Eagle Rock, dan di Batu Belanda. Namun, dari tiga spot tersebut, spot yang terletak depan Pearl Beach Resort memiliki koral terbaik dan kaya biota laut. Sementara dua spot lainnya memiliki koral yang lebih sedikit dan jumlah ikan yang tak begitu banyak.

Foto: Instagram @pilianddano

Karena itu, disarankan untuk snorkeling di spot yang terletak depan Pearl Beach Resort. Di sana, kamu tak hanya bisa menjumpai koral warna-warni, namun juga penyu, belut moray, dan beragam spesies ikan tropis.

Ada pula bintang laut dari beragam spesies, seperti bintang laut berduri dan bintang laut bantal. Sementara terumbu karangnya menjadi rumah bagi hewan-hewan yang lebih kecil, seperti nudibranch dan siput laut.

Foto: Instagram @chengloew

Sepuas snorkeling, kamu bisa melakukan kegiatan lainnya, seperti berenang dan bersantai di tepian pantai, berjalan kaki menuju puncak bukitnya untuk menikmati pemandangan dari ketinggian, atau bermain kayak di perairannya yang tenang.

Kalau ingin bermalam, ada beberapa akomodasi yang bisa dipilih. Selain Pearl Beach Resort yang memiliki akses langsung ke spot snorkeling, ada pula Gili Asahan Eco Lodge & Restaurant, Avatar Raja Bungalow, Matahari Villas, dan Amahelia Luxury Resort.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here