Pameran Artos Nusantara Siap Digelar 20-28 Mei

'Jejer Gandrung' (2021) karya Sugilaros

Banyuwangi kembali menjadi tuan rumah untuk pameran seni rupa berskala nasional pada akhir bulan ini. Pameran Art Osing (ArtOs) Nusantara ini rencananya akan berlangsung di gedung tua di kawasan Pantai Boom Marina pada 20-28 Mei 2023.

Pemilihan gedung tua di salah satu destinasi ikonik di Banyuwangi tersebut bukan tanpa alasan. Menurut pihak penyelenggara, gedung tua tersebut merupakan bangunan cagar budaya yang menjadi saksi bahwa Banyuwangi merupakan jalur perdagangan penting sejak zaman VOC.

Saat ini, sejumlah persiapan telah dilakukan oleh panitia yang diketuai oleh Imam Maskun bersama kurator pameran Wayan Seriyoga Parta dan Samsudin Adlawi. Salah satunya adalah dengan menyiapkan ruang pameran untuk memajang setidaknya 50 karya dari para perupa nasional.

Karya berupa lukisan, patung, instalasi, dan multimedia tersebut telah melewati proses kurasi yang sangat ketat. Hanya karya terbaik yang terpilih untuk tampil dalam pameran ArtOs Nusantara 2023.

Sejumlah perupa tersebut datang dari berbagai daerah di Indonesia. Selain Banyuwangi, ada pula yang dari Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Bandung, Padang, Makassar, hingga Bali. Beberapa di antaranya adalah Djoko Pekik, Edi Sunaryo, Nanang Lugonto, Putu Wirantawan, Windu Pamor, dan masih banyak lagi.

‘Red Cactus’ (2021) karya Windu Pamor

Imam menyebutkan bahwa ArtOs Nusantara bukanlah sekadar pameran seni biasa, melainkan sekaligus sebagai ajang untuk memperkenalkan pariwisata Banyuwangi melalui seni dan menjaring generasi perupa muda yang bertalenta. Hal ini terlihat dari rangkaian penjaringan seniman secara meluas, mulai dari tingkat SMP, SMA, hingga dewasa.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menyatakan menyambut baik pameran ini dan mendukung pelaksanaan ArtOs Nusantara. Pihaknya juga berharap kegiatan ini tak hanya menggairahkan dunia seni, namun juga membangkitkan ekonomi kreatif lokal dan menunjang pembangunan destinasi wisata minat khusus.

Wisatawan yang tertarik mengunjungi pameran ini dapat langsung menuju kawasan Pantai Boom Marina pada 20-28 Mei mendatang. Acara akan dibuka dengan berbagai acara seni budaya tradisional Banyuwangi mulai pukul 14:00.

Salah satu daya tarik utamanya adalah pertunjukan kolaborasi antara Ki Fathur Gamblang, dalang pelukis wayang kulit internasional, dengan Sujiwo Tejo yang akan turut mendalang sambil melukis. Acara pembukaan ini akan berlangsung di halaman gedung cagar budaya di Pantai Boom Marina.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here