Berkemah di Tengah Hutan Pinus Dulayamo, Gorontalo

Foto: Dok. Google Maps/Gusti Suparwata

Dengan bentang alamnya yang memukau, kawasan Gorontalo menyajikan banyak destinasi menarik untuk para petualang maupun penyuka kegiatan luar ruang. Selain terkenal dengan taman lautnya, pelancong bisa menemukan keindahan lainnya di daratan. Salah satunya adalah Hutan Pinus Dulayamo.

Nama tempat wisata ini memang masih belum banyak dikenal di kalangan wisatawan. Namun, keindahannya mampu menghipnotis siapa saja yang datang kemari. Hamparan perbukitan yang hijau dan hawa sejuk akan menemanimu selama melewatkan liburan di sini.

Satu Jam dari Pusat Kota

Sesuai namanya, Hutan Pinus Dulamayo terletak di Desa Dulamayo Selatan, Kecamatan Telaga, Kabupaten Gorontalo. Kamu bisa menempuhnya dengan kendaraan bermotor dari pusat kota Gorontalo selama sekitar satu jam dengan jarak tempuh 28 km.

Sesampainya di sana, kamu mesti memarkirkan kendaraan di area parkir yang tersedia, kemudian melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki selama sekitar 30 menit. Walau durasinya singkat, medannya cukup menguras tenaga karena menanjak terus sampai ke puncaknya yang setinggi 850 mdpl.

Foto: Instagram @andikaaaaaaaaaaaaaaa

Rasa lelah akan terbayar setibanya di lokasi dengan panoramanya yang bak lukisan alam. Kamu bisa melihat perbukitan hijau di sekitar Hutan Pinus Dulamayo sejauh mata memandang. Tak hanya itu, Bulalo Limboto juga terlihat jelas dari sini. Konon di masa lalu, danau tersebut pernah menjadi lokasi pendaratan pesawat amfibi yang ditumpangi Bung Karno.

Untuk menikmati pemandangan terbaiknya, datanglah di pagi hari, persis menjelang terbitnya mentari. Saat langit sedang cerah, semburat kuning sinarnya akan tampak cantik beradu dengan gumpalan awan dan kabut yang menyelimuti kawasan di sekitar hutan pinus.

Foto: Instagram

Bila tak ingin mendaki saat subuh, kamu bisa bermalam di Hutan Pinus Dulamayo dengan mendirikan tenda di sejumlah spot terbaiknya. Di bawah rindangnya pepohonan pinus, kamu bisa bersantai di dalam tenda, berbaring di atas hammock, ataupun bersantap dengan perbekalan yang dibawa sebelumnya.

Karena tak ada fasilitas penyewaan, pastikan untuk membawa tenda dan perlengkapan lain yang kamu butuhkan. Siapkan pula makanan dan minuman secukupnya untuk dikonsumsi selagi berkemah. Sepulangnya, bawa kembali sampah agar lingkungan hutan tersebut tetap terjaga kebersihan dan keasriannya.

Foto: Instagram @astrinnd

Untuk menikmati keindahan Hutan Pinus Dulamayo, kamu hanya dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp10 ribu. Fasilitasnya sudah cukup memadai, antara lain kamar mandi, sumber air bersih, musala, warung, dan lahan parkir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here