Susur 3 Negara Sekaligus dengan Trans-Mongolian Railway

Perjalanan kereta memang tak secepat pesawat, namun terkadang memang bukan waktu yang dikejar pejalan, melainkan pengalaman menikmati rute berpemandangan indah di balik jendela. Dari sekian banyak perjalanan kereta paling fotogenik di Asia, Trans-Mongolian Railway merupakan salah satu yang paling diincar pelancong.

Berbeda dengan Trans Siberian Railway yang hanya menyusuri kota-kota di Rusia, Trans-Mongolian Railway menawarkan perjalanan kereta lintas tiga negara, yaitu Rusia, Mongolia, dan Tiongkok. Tiket dapat dibeli via daring atau loket tiket di Moskow yang sudah dibuka sejak 60 hari sebelum keberangkatan, dengan harga tiket mulai 900 dolar AS (tiket kelas dua).

Tiket ini tidak memiliki sistem hop-on hop-off. Bila berniat untuk singgah di sejumlah kota, Anda mesti membeli tiket lagi sesuai rute dan jadwal kereta tidak tersedia setiap hari, sehingga perlu adanya rancangan perjalanan yang matang sebelum memutuskan untuk transit sepanjang rute Trans-Mongolian Railway.

Biasanya para pelancong memilih untuk singgah di Danau Baikal dan Mongolia selama beberapa hari sebelum melanjutkan perjalanan ke Beijing. Bila memutuskan untuk melakukan perjalanan langsung dari Moskow ke Beijing, kesempatan untuk menikmati suasana luar adalah saat kereta berhenti di stasiun (15-30 menit), yang dapat dimanfaatkan untuk membeli bekal, mengambil foto, atau sekadar meregangkan tubuh.

Waktu terbaik untuk melakukan perjalanan adalah saat musim semi atau gugur yang cuacanya cukup bersahabat, serta tampilan lanskap alam sepanjang jalan begitu berwarna ketika terjadi transisi lokasi. Disarankan untuk membawa buku, pemutar musik, permainan kartu, dan usahakan untuk berinteraksi dengan sesama pejalan untuk menyingkirkan rasa bosan. Sediakan juga uang untuk membeli makanan dan minuman yang terdapat di gerbong makan, yang dapat dibeli menggunakan mata uang rubles, tigrit, ataupun yuan, selain menyediakan perbekalan sendiri, seperti mi instan, kudapan, minuman, hingga makanan berat.

Tip: Saat berada di Mongolia, pastikan untuk mengunjungi Gurun Gobi, gurun pasir terluas di Asia yang ikonik dengan Danau Bulan Sabit karena bentuknya seperti bulan sabit. Jika bertandang saat Juli, wisatawan dapat turut menyaksikan perayaan Naadam, festival tradisional Mongolia yang menampilkan tiga permainan yang dilakoni kaum pria, yaitu memanah, balap kuda, dan balap unta

Akses: Dari Jakarta ke Moskow menggunakan maskapai Thai Airways via Bangkok, Qatar Airways via Doha, Emirates via Dubai, dan Etihad via Abu Dhabi. Tiba di Bandara Internasional Domodedovo dapat melanjutkan perjalanan ke Stasiun Moscow Yaroslavsky menggunakan taksi.

Teks: Priscilla Picauly | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here