Snorkeling di Pulau Badul, Pulau Mungil di Pandeglang

Foto: Instagram @hai2dar

Kawasan Pandeglang di ujung barat Jawa tak hanya terkenal dengan Taman Nasional Ujung Kulon. Di sini pula kamu bisa menjumpai sejumlah tempat wisata lainnya yang tak kalah menawan. Sebut saja Pulau Badul yang terletak di seberang Pantai Katapang.

Dari kejauhan, kamu bisa melihat Pulau Badul yang berupa hamparan pasir putih halus dengan perairan pirus yang mengepungnya. Tak ada fasilitas apa pun yang berdiri di pulau mungil tersebut. Hanya tampak sejumlah pepohonan yang tumbuh di tengah pulau bersama rerumputan liar.

Foto: Instagram @q.b_photography

Untuk mencapai pulau ini, kamu bisa menuju Kampung Garung di Kecamatan Sumur terlebih dahulu. Dari pusat kota Tangerang, kamu bisa menempuhnya dengan berkendara selama sekitar 4,5 jam.

Sesampainya di sana, kamu bisa menyewa perahu nelayan dengan kisaran biaya sekitar Rp300 ribu. Satu perahu bisa menampung hingga 15 orang, jadi ada baiknya kamu menyewanya bersama wisatawan lain atau datang bersama rombongan agar lebih hemat.

Foto: Instagram @wigunarendy

Perjalanan menyeberang ke Pulau Badul terbilang singkat. Dalam 15 menit saja kamu sudah bisa menginjakkan kaki di hamparan pasir putihnya yang bersih.  Sepanjang perjalanan, kamu akan ditemani dengan pemandangan laut yang sangat jernih. Menengok ke belakang, kamu bisa menatap Gunung Honje yang terlihat jelas meski di kejauhan.

Karena tak banyak tempat untuk berteduh, sebaiknya kunjungan kemari dilakukan di pagi atau sore hari ketika cuacanya tak begitu terik. Bawa pula tikar dan payung untuk berpiknik, selain makanan dan minuman secukupnya untuk mengisi perut.

Foto: Instagram @firdausialkahfi107

Bila ingin menyelami keindahan perairannya, siapkan sendiri peralatan snorkeling karena tak ada fasilitas penyewaan di sini. Selagi menyelam, kamu bisa melihat karang-karang warna-warni maupun ikan-ikan cantik yang berseliweran di sekitarnya.

Ombaknya sedikit berarus, sehingga kamu perlu berhati-hati saat berenang di sini. Pastikan jangan terlalu jauh ke tengah laut. Kenakan pula jaket pelampung demi keamanan, terutama bagi yang tak begitu mahir berenang.

Foto: Instagram @gugungunawn

Sementara yang sudah terbiasa menyelam, bisa menjajal free diving untuk berfoto bersama patung badak yang dibiarkan tenggelam di bawah laut Pulau Badul. Badak jawa sendiri memang merupakan ikon Ujung Kulon.

Dengan keindahannya, Pulau Badul merupakan sebuah destinasi wisata yang wajib kamu sambangi selagi menjelajahi kawasan di ujung barat Jawa. Beragam terumbu karang dan ikan-ikan yang menghuninya juga menjadikan pulau ini sebagai tempat yang ideal untuk melakukan aktivitas snorkeling.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here