Cycling de Jabar 2023 Ajak Peserta Gowes sambil Jelajahi Pesona Jawa Barat

Cycling de Jabar akan kembali digelar tahun ini pada 8-9 Juli mendatang. Acara olahraga yang digelar Harian Kompas dengan dukungan Pemda Provinsi Jawa Barat dan Dispora Jabar ini akan menjadi ajang untuk mempromosikan keindahan alam dan budaya Jawa Barat, sambil juga mengajak masyarakat untuk hidup sehat dan aktif dengan bersepeda.

Cycling de Jabar 2023 pun menjadi momentum bagi seluruh pehobi gowes, atlet, atau siapa pun yang tertarik untuk berlatih ataupun mencoba tantangan baru. Karena itulah pihak penyelenggara turut mengundang para atlet maupun klub-klub sepeda di Indonesia untuk mengikuti kegiatan ini.

Selain itu, ada pula rangkaian acara lainnya yang diawali dengan Coffee Ride di Jakarta pada 2 April lalu. Sepekan kemudian, acara yang sama juga dilangsungkan di Bandung.

Diikuti oleh sejumlah komunitas sepeda, acara ini digelar sebagai persiapan untuk mengikuti Cycling de Jabar 2023. Lewat Coffee Ride juga peserta bisa mendapatkan informasi seputar kegiatan gowes tersebut yang bakal digelar Juli mendatang.

Rute Sama

Mengusung tema Nyambungken Sumanget, Cycling de Jabar 2023 masih menggunakan rute yang sama seperti tahun lalu, yakni di sepanjang jalur pantai selatan Jawa Barat. Lokasi start-nya dari Geopark Ciletuh di Kabupaten Sukabumi, kemudian finis di Kabupaten Pangandaran.

Rutenya sendiri akan terbagi menjadi dua etape. Etape pertama berlangsung dari Geopark Ciletuh, kemudian menuju Taman Jaya Ciwaru, Tegalbuleud, Sindangbarang, Cidaun, dan berakhir di Rancabuaya. Jarak tempuhnya 199,7 km dengan batas waktu penyelesaian tantangan adalah 11 jam.

Kemudian etape kedua dilanjutkan dari Rancabuaya menuju Jembatan Cikaso, Cibaluk, Ciheras, Cikalong, hingga finis di Paamprokan Pangandaran. Jarak tempuhnya 168,6 km dengan batas waktu 10 jam.

Peserta yang ingin mengikuti Cycling de Jabar 2023 dapat memilih salah satu dari empat kategori yang tersedia, yakni Men Elite, Women Elite, Master A non-atlet (30-40 tahun), dan Master B non-atlet (41-50 tahun).

Cycling de Jabar 2023 juga menyediakan ajang fun bike untuk masyakarat umum yang berlangsung di etape terakhir, yakni dari Parigi hingga Pangandaran. Silakan mengikuti akun Instagram @cyclingdejabar untuk info registrasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here