L’Étape Indonesia by Tour de France 2023 Digelar di Mandalika

Foto: Instagram @vincent.hutama

Ajang balap sepeda internasional L’Étape Indonesia by Tour de France 2023 akan digelar Minggu, 28 Mei di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Kegiatan ini ditargetkan dapat menarik 1.500 peserta, baik dari dalam mapun luar negeri.

Seperti diketahui, L’Étape Indonesia merupakan ajang balap sepeda amatir dengan lisensi dari L’Étape by Tour de France yang telah terselenggara di 21 negara dengan konsep sport tourism. Pertama kali digelar pada 2022, event ini telah menarik minat banyak pegiat olahraga, khususnya pesepeda.

Foto: Instagram @letapebytourdefrance

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno dalam siaran pers mengungkapkan apresiasinya atas penyelenggaraan L’Étape Indonesia yang kedua. Ia berharap kegiatan ini dapat turut berkontribusi untuk mendorong capaian target 7,4 wisatawan mancanegara serta 1,4 miliar pergerakan wisatawan nusantara di tahun ini.

“Kami berharap ajang sport tourism seperti ini dapat menebar harapan dan semangat sebagai momentum kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia khususnya di NTB,” ujarnya.

Foto: Instagram @vincent.hutama

Menparekraf turut mengisahkan petualangannya menjadi peserta L’Étape Indonesia 2022, terutama saat melintasi tanjakan yang menjadi tantangan sendiri. Namun, hal ini tak begitu ia rasakan karena sepanjang lintasan disuguhkan indahnya pemandangan.

Sementara itu, Direktur L’Etape Indonesia by Tour de France Zacky Badrudin mengucapkan rasa syukurnya atas terselenggaranya kembali acara olahraga berskala internasional ini. Pihaknya juga memastikan akan selalu mengedepankan keselamatan para peserta dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Acara yang akan dimulai dan diakhiri di Sirkuit Internasional Mandalika ini juga didukung oleh ITDC selaku perusahaan terdepan di bidang pengembangan dan pengelola kawasan pariwisata di Indonesia, termasuk The Mandalika.

Foto: Instagram @radityapram

“Dengan dilangsungkannya L’Etape Indonesia di Pertamina Mandalika International Circuit, kami berharap The Mandalika semakin dikenal sebagai salah satu destinasi sport tourism terbaik di Indonesia,” kata Direktur Operasi ITDC Troy Reza Warokka.

Berbeda dari tahun sebelumnya, rute L’Etape Indonesia by Tour de France 2023 menawarkan beberapa kategori jarak. Pertama, The Race dengan jarak tempuh 141 km. Kemudian ada Team Competition beranggotakan minimal 3 orang dan maksimal 6 orang dengan jarak tempuh 141 km.

Selanjutnya, ada The Ride dengan jarak tempuh 79 km. Terakhir, ada Non Road Bike Category dengan jarak tempuh 48 km. Registrasi via laman ini. Info lebih lanjut, kunjungi akun Instagram @letape.indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here