Menikmati Pesona Air Terjun Nungnung, Keindahan Alam Tersembunyi di Badung

Foto: Dok. Google Maps/Ryan Fanny

Mereka yang sudah pernah ke Desa Belok/Sidan di Kecamatan Petang, Kabupaten Badung, Bali tentu sudah tak asing lagi dengan keberadaan ladang bunga marigold yang keindahannya dapat dinikmati langsung dari tepi jalan raya.

Setelah mengabadikan pemandangannya, jangan buru-buru meninggalkan desa tersebut, karena masih ada destinasi menarik lainnya yang bisa kamu kunjungi, terutama untuk penyuka alam. Nama tempat itu adalah Air Terjun Nungnung.

Foto: Dok. Google Maps/Rizal Fathurahman

Belum banyak wisatawan yang mengetahui air terjun ini. Sementara yang sudah tahu, belum tentu rela jauh-jauh mengunjunginya, atau mengakses lokasinya yang membutuhkan perjuangan ektra.

Ya, untuk mencapai Air Terjun Nungnung, kamu harus menuruni anak tangga yang jumlahnya mencapai ratusan dengan pepohonan rimbun di sekitarnya. Tangga tersebut terbuat dari beton dan sudah dilengkapi pegangan, sehingga keamanannya terjamin. Namun, kamu mesti tetap berhati-hati karena tangga tersebut bisa cukup licin selepas hujan.

Foto: Dok. Google Maps/Tam-n-Fam

Kalau perjalanan turun sudah melelahkan, perjalanan naik tentu akan lebih menguras tenaga. Karena itu, pastikan membawa bekal saat mengakses air terjun ini. Bila capai, kamu bisa beristirahat sejenak di tengah perjalanan di bawah teduhnya gazebo.

Untungnya, perjuangan menuju Air Terjun Nungnung ini tak akan sia-sia berkat pemandangan yang tersuguh di depan mata. Suasana sekitarnya masih asri dengan tanaman hijau yang tumbuh di sekelilingnya. Karena lokasinya berada di ketinggian 900 mdpl, hawanya pun terasa sejuk.

Foto: Dok. Google Maps/Dear Travallure

Setinggi 50 meter, Air Terjun Nungnung merupakan salah satu air terjun tertinggi di Bali. Debit airnya pun tinggi, bahkan melebihi Air Terjun Gitgit. Karena itu, tidak disarankan untuk bermain langsung di bawah derasnya air terjun tersebut. Kamu bisa mencari area yang dangkal untuk sekadar merendam kaki ataupun bermain air.

Kalau ingin puas berfoto tanpa kehadiran wisatawan lain, pastikan untuk datang kemari di pagi hari. Semakin pagi tentu semakin baik, karena kamu bisa menikmati air terjun tersebut sendirian. Saat orang mulai berdatangan, kamu bisa naik kembali ke atas untuk menghindari keramaian.

Air Terjun Nungnung terletak sekitar 45 km di utara Denpasar. Kamu dapat mencapai tempat ini dengan berkendara selama sekitar 1,5 jam, tergantung kondisi lalu lintas. Tiket masuk terjangkau, yakni Rp10 ribu per orang.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here