Menikmati Indahnya Matahari Terbit dari Bukit Jabal

Foto: Instagram @naufalhanif_fa

Dikelilingi pegunungan, Malang menyuguhkan deretan tempat terbaik untuk menyaksikan keindahan matahari terbit dari ketinggian. Sebut saja Bukit Jabal yang terletak di Dusun Sumber Bendo, Desa Kucur, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang.

Destinasi wisata pendakian ini pertama kali beroperasi pada awal 2018 lalu, dan terus berkembang dari segi fasilitas untuk mengakomodasi kebutuhan wisatawan. Lokasinya sendiri cukup dekat dari pusat kota Malang, yakni sekitar satu jam berkendara, sehingga dapat menjadi alternatif tujuan liburan saat akhir pekan.

Foto: Instagram @ohm_jhen

Untuk mengakses pos registrasi jalur pendakian Bukit Jabal, kamu bisa naik motor atau mobil melintasi jalan beraspal yang nyaman. Lokasi pos registrasinya ada di salah satu rumah warga, jadi kamu bisa menanyakan arahnya sesampainya di desa.

Di pos registrasi, kamu bisa membayar tiket masuk sebesar Rp10 ribu per orang. Sementara biaya parkirnya sebesar Rp10 ribu untuk motor dan Rp20 ribu untuk mobil.

Foto: Instagram @rizkiakbaraq

Bila berniat berkemah dan tak membawa tendanya, kamu bisa menyewa di lokasi dengan biaya mulai Rp20 ribu. Ada pula penyewaan matras sebesar Rp4 ribu dan peralatan masak seharga Rp8 ribu.

Kalau sudah siap mendaki, kamu bisa langsung melintasi jalur yang sudah disiapkan pihak pengelola. Di awal pendakian, kamu akan melewati permukiman maupun perkebunan milik warga setempat.

Foto: Instagram @muhonyfahreza

Setelah itu, lanjutkan perjalanan menyusuri hutan pinus hingga menemui tanjakan demi tanjakan. Sepanjang jalur pendakian sudah ada papan petunjuk, jadi tak perlu khawatir tersasar, terutama bagi yang baru pertama kali berkunjung kemari.

Ada dua tanjakan yang cukup terjal, dengan salah satunya memiliki kemiringan hingga 70 derajat. Pastikan berhati-hati saat melintasinya, karena bisa cukup licin sehabis hujan.

Foto: Instagram @hukubun_elco

Sesampainya di puncak Bukit Jabal yang setinggi 1.470 mdpl, kamu bisa menyaksikan panorama Gunung Arjuno, Semeru, dan Panderman. Pemandangannya terutama cantik di malam hari dengan kelap-kelip lampu kota, maupun saat matahari terbit. Bila beruntung, kamu bahkan bisa menyaksikan lautan awan.

Selain cocok untuk penyuka kegiatan luar ruang, Bukit Jabal juga merupakan destinasi menarik untuk penggemar camping. Ada beberapa tempat di bukit maupun di puncaknya yang lahannya datar dan bisa digunakan untuk mendirikan tenda. Sumber airnya pun bisa dengan mudah ditemui di dekat jalur pendakian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here