Menyambut Pagi dari Tepi Danau Talang

Foto: Instagram @kiddrock85

Mudah diakses dari pusat kota Padang, Kabupaten Solok kerap dipilih sebagai destinasi liburan untuk menikmati alam yang asri maupun hawa yang sejuk. Banyak tempat wisata yang bisa kamu jumpai di sini, mulai dari puncak-puncaknya yang menanti untuk didaki, air terjunnya yang eksotis, hingga danaunya yang berair jernih.

Yang disebut terakhir ini terutama cocok untuk yang tak ingin susah payah berjalan kaki demi menikmati pemandangan alam yang asri. Selain itu, area tepi danaunya pun bisa dimanfaatkan untuk camping ceria bersama orang-orang terdekat.

Foto: Instagram @nurul_fajri7

Sebut saja Danau Talang yang berjarak 57 km dari pusat kota Padang, atau bisa dicapai dengan berkendara selama dua jam. Danau ini masih satu arah dengan jalur ke pos pendakian Gunung Talang via Air Batumbuak maupun Kebun Teh Danau Kembar.

Akses menuju lokasi memang sedikit terjal dan tak sepenuhnya mulus, namun hal ini tak menyurutkan niat wisatawan yang ingin menyambanginya. Bila ingin berkemah di sini, kamu cukup membayar Rp10 ribu. Sementara biaya parkirnya Rp5 ribu.

Foto: Dok. Google Maps/Syafrianto Limpur

Tiba di kawasan danau, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang begitu asri dan menenangkan. Suara kicauan burung sesekali terdengar memecah keheningan, membuat suasana semakin syahdu.

Di kejauhan, kamu bisa melihat panorama gunung-gunung yang ada di sekitar danau. Tak hanya itu, hijaunya hamparan perkebunan teh dan sayur-mayur pun dapat terlihat dari sini.

Foto: Instagram @rudyci2016

Perairan danau memang cukup dalam, sehingga tak cocok untuk direnangi. Namun, sebagai gantinya, kamu bisa menyusurinya dengan perahu-perahu kecil yang memang disewakan untuk wisatawan.

Kalau ingin berkemah di sini, kamu bisa membawa perlengkapan yang kamu butuhkan untuk mendirikan tenda maupun perbekalan yang cukup. Sumber air ada di dekat area perkemahan, selain tersedia pula fasilitas seperti kamar mandi dan musala. Kalaupun enggan memasak, kamu bisa membeli makanan dari warung-warung yang ada di dekat danau.

Foto: Instagram @kiddrock85

Kalau di malam harinya kamu bisa menyalakan api unggun, keesokan paginya kamu bisa menantikan matahari terbit sembari menyesap secangkir kopi hangat. Duduk-duduk santai sambil menatap danau dan menikmati embusan angin yang sejuk juga bisa menjadi pilihan untuk merilekskan pikiran.

Sebelum matahari semakin naik, jangan lupa berburu foto dengan latar danau untuk diposting dan dipamerkan di media sosial. Setelah itu, kamu bisa membereskan tenda dan membawa pulang sampah. Jangan mengotori lingkungan dan merusak alam sekitar.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here