Ambarrukmo Volcano Run, Berlari sambil Menikmati Keindahan Alam Kaliurang

Foto: Instagram @ryanzulham

Yogyakarta dengan segala pesona alam dan budayanya telah melahirkan banyak aktivitas dan acara tahunan yang turut menumbuhkan pariwisata di kawasan tersebut. Sebut saja Volcano Run yang lahir dari keinginan berbagai pihak untuk memajukan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Berawal pada 2019, komunitas Ubur-ubur Lari asal Yogyakarta menginisiasi dan menggelar acara perdana Volcano Run. Setelah itu, acara ini terus hadir di tahun berikutnya untuk mengajak para pelari menikmati kesejukan alam Kaliurang dan kemegahan Gunung Merapi.

Foto: Instagram @volcanorun.official

Kegiatan lari ini sempat terhenti dua tahun karena pandemi. Kini, Volcano Run hadir kembali di 2023 dengan berkolaborasi bersama Ambarrukmo Group Yogyakarta. Nama kegiatannya pun berubah menjadi Ambarrukmo Volcano Run.

Kerja sama ini diharapkan dapat menumbuhkan dampak positif terhadap berbagai pihak yang terlibat, mulai dari memajukan pariwisata di kawasan tersebut dan meningkatkan perekonomian masyarakat Yogyakarta, khususnya yang bertempat tinggal di Kaliurang.

Foto: Instagram @brisleman.official

Tiga Kategori

Digelar 26-27 Mei, Ambarrukmo Volcano Run melombakan tiga kategori. Pertama, kategori 5K dengan total elevasi 117 meter dan COT 1,5 jam. Dapat diikuti oleh peserta usia 8 tahun ke atas, kategori ini juga cocok untuk pelari kecil ataupun pelari keluarga yang ingin mengajak serta anak-anak untuk berpartisipasi.

Selanjutnya, ada kategori 10K dengan total elevasi 216 meter dan COT 2,5 jam. Kemudian kategori 21K dengan total elevasi 467 meter dan COT 4,5 jam.

Berawal dari Museum Gunungapi Merapi, waktu start untuk kategori 21K adalah yang paling awal, yakni pukul 05:45, diikuti pukul 06:00 untuk kategori 10K dan pukul 06:15 untuk kategori 5K.

Foto: Instagram @volcanorun.official

Slot terbatas, hanya untuk sekitar 2.500 peserta. Bila tak kebagian slot early bird, tak perlu khawatir, karena masih ada slot untuk harga tiket normal.

Pendaftaran melalui volcanorun-jogja.com dengan biaya Rp250 ribu untuk kategori 5K, Rp350 ribu untuk 10K, dan Rp550 ribu untuk 21K. Biaya tersebut sudah termasuk BIB, jersey, tote bag, sertifikat dan medali untuk finisher, serta voucer. Khusus peserta kategori 21K, mereka juga akan menerima finisher jersey.

Bila membutuhkan transportasi menuju Museum Gunungapi Merapi, atau tak ingin repot memarkirkan kendaraan, kamu bisa memesan shuttle bus saat melakukan registrasi. Biayanya Rp30 ribu per orang. Shuttle bus tersebut akan berangkat pukul 03:15 dari Plaza Ambarrukmo. Sementara jadwal pulangnya antara pukul 09:30 hingga 10:00.

Foto: Instagram @volcanorun.official

Mereka yang berasal dari luar Yogyakarta juga dapat menikmati paket menginap yang sudah termasuk slot lari. Seluruh hotel yang ditawarkan merupakan bagian dari Ambarrukmo Group, yakni PORTA by The Ambarrukmo, Grand Ambarrukmo, Royal Ambarrukmo, dan Malyabhara Hotel.

Harga paketnya mulai Rp950 ribu hingga Rp2 juta, tergantung kategori lari, kategori kamar, dan pilihan hotel. Untuk info lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi akun Instagram @volcanorun.official atau situs resminya.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here