Muara Mbaduk, Destinasi Camping Baru di Banyuwangi

Foto: Dok. Google Maps/Muara Mbaduk Camping Ground

Muara Mbaduk merupakan nama sebuah pantai yang terletak di Dusun Krajan, Sarongan, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Letaknya tak jauh dari pantai-pantai populer lainnya di kawasan itu, seperti Pantai Pulau Merah dan Pantai Teluk Hijau, sehingga kunjungan kemari dapat dipadukan dalam satu perjalanan.

Walau belum banyak dikenal wisatawan, Muara Mbaduk memiliki daya tarik tersendiri yang sukses menarik para penyuka camping, khususnya yang berdomisili di Banyuwangi dan sekitarnya. Dalam waktu singkat, tempat wisata tersebut sukses dikembangkan sebagai lokasi camping, dan kini menjadi tujuan liburan favorit bagi para petualang.

Foto: Dok. Google Maps/Muara Mbaduk Camping Ground

Banyak Atraksi

Daya tarik Muara Mbaduk adalah dalam satu tempat, pengunjung dapat menikmati banyak atraksi sekaligus. Tak hanya suasana pantai, namun juga sungai dan perbukitan. Panorama matahari terbit dan terbenamnya pun menawan, sehingga layak untuk dinanti dan diabadikan keindahannya.

Hal ini berkat lokasinya yang strategis, yakni tepat berada di muara Sungai Buyuk yang melintasi Desa Sarongan dan Kandangan. Kemudian di sisi selatan terbentang hamparan pasir dan perairan yang menghadap langsung ke samudra luas. Sementara di sekeliling Muara Mbaduk terhadap sabana yang cukup luas dengan latar perbukitan hijau.

Foto: Instagram @ilupui

Perpaduan yang unik ini jarang ditemui di tempat lain, dan menjadi keistimewaan Muara Mbaduk. Mereka yang ingin berlama-lama menikmati keindahannya dapat mendirikan tenda di lokasi yang sudah disediakan sambil menatap indahnya panorama.

Karena camping ground-nya luas dan mudah diakses, kamu bisa melewatkan liburan di sini dengan campervan. Opsi lainnya, kamu bisa membawa tenda sendiri ataupun menyewanya di lokasi.

Foto: Instagram @dimasw

Ada pilihan penyewaan tenda saja ataupun paket berkemah, dari yang standar hingga yang premium. Harganya mulai Rp115 ribu hingga Rp165 ribu. Biaya tersebut sudah termasuk tenda, kursi lipat, matras, lampu tenda, kompor, gas kaleng, alat masak, dan alat makan.

Kamu tinggal memilih paket sesuai preferensi, kemudian menyiapkan perlengkapan lain maupun perbekalan secukupnya untuk bermalam di sana. Untuk memastikan mendapatkan tenda atau paket pilihan, sebaiknya reservasi sebelum kedatangan dengan menghubungi WhatsApp 085333342050.

Foto: Instagram @ter.pantau

Kalau kamu suka memancing, jangan lupa membawa peralatan memancingmu ya! Pasalnya, Muara Mbaduk juga merupakan tempat memancing favorit bagi warga lokal yang tinggal di sekitarnya. Bila beruntung, ikan yang kamu tangkap nantinya bisa dibakar untuk makan malam.

Aktivitas lainnya di Muara Mbaduk adalah berkano. Aliran sungainya tenang dan tidak dalam, sehingga cocok untuk pemula. Namun, karena tak ada penyewaannya di lokasi, kamu perlu menyiapkan sendiri peralatannya. Opsi lainnya, kamu bisa menyewa perahu nelayan untuk mengitari area sekitar Muara Mbaduk.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here