Mengintip Kehidupan Bawah Laut di Citrus Ridge, Raja Ampat

Di barat Pulau Gam, Raja Ampat, kamu bisa menjumpai sebuah channel atau kanal alami yang memisahkan daratan utama dengan Pulau Yanggelo. Di saluran ini, terdapat beberapa lokasi penyelaman, salah satunya adalah Citrus Ridge.

Terletak di tepi timur laut Pulau Yanggelo, Citrus Ridge mudah diakses dan menyediakan titik masuk yang sepi dan aman bagi para penyelam, jauh dari saluran utama. Situs ini dapat diselami dari sisi utara atau selatan, tergantung arus. Namun ada baiknya tidak menyelam melawan arus karena arusnya bisa sangat kuat.

Kanal ini sendiri dihiasi dengan hutan bakau yang lebat di kedua sisinya, dengan terumbu karang yang landai ke arah tengah kanal. Nutrisi dari hutan bakau itulah yang menjadikan perairan di wilayah ini sempurna bagi kehidupan terumbu karang maupun biota laut lainnya.

Menelusuri Terumbu Karang

Saat memulai perjalanan penyelaman di Citrus Ridge, kamu akan masuk ke dalam air di area dangkal yang tenang. Pada titik ini, kamu akan disambut dengan formasi batuan sporadis dan karang bommies yang memudahkan untuk menyelam.

Terumbu karang ini adalah rumah bagi beragam spesies kehidupan laut, mulai dari ikan-ikan kecil hingga hewan-hewan yang lebih besar seperti parrotfish dan clownfish. Di sini pula kamu bisa menjumpai banyak udang-udangan di seluruh dasar berpasirnya. Sementara anemon yang terlihat kerap menjadi tempat berlindung bagi ghost shrimp dan ikan badut.

Kejernihan air di area dangkal ini biasanya sangat baik, memungkinkan penyelam untuk melihat dengan jelas keindahan alam bawah laut. Selain itu, hal ini juga membuat Citrus Ridge ideal untuk lokasi snorkeling.

Menyelam lebih dalam, terumbu karang yang dijumpai akan semakin lebat dan berwarna. Beragam jenis ikan pun makin banyak terlihat. Namun ingat, jangan terlalu asyik menyusuri garis pantai, karena daya tarik utama Citrus Ridge berada di kedalaman.

Menjauh dari garis pantai, kamu bisa menuju bagian tengah kanal hingga tiba di formasi terumbu karang yang menjadi asal muasal nama Citrus Ridge. Pinnacle raksasa yang berada di kedalaman sekitar 14 meter tersebut tertutup oleh beragam karang dalam aneka warna, dari oranye, kuning, merah, dan bahkan hijau.

Formasi spons besar, karang lunak, dan kipas laut tampak menyebar di seluruh pinnacle ini. Lokasinya yang berada di kedalaman menjadikannya sebagai tempat ikan-ikan berkumpul, menciptakan pemandangan yang tak terlupakan.

Tantangan Arus yang Kuat

Salah satu tantangan yang perlu dihadapi oleh para penyelam di Citrus Ridge adalah arus yang kuat. Lokasi ini terletak di kanal alami antara dua pulau, dan arus laut di kanal ini bisa menjadi sangat kuat terutama saat pergerakan air laut naik dan turun.

Oleh karena itu, penting untuk selalu memperhatikan arus dan mengikuti pedoman keselamatan yang telah ditetapkan. Bila merasa tidak nyaman dengan arus yang kuat, lebih baik menjauh dari area ini dan mencari tempat yang lebih aman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here