Menjajal Lintasan Bersepeda di Kancah Nangkub Bike Park

Foto: Dok. Google Maps/Amay Riskomar

Adalah Kancah Nangkub, nama bike park yang berlokasi di Desa Rancamulya, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Bagi wisatawan, namanya mungkin masih terdengar asing. Namun tidak halnya bagi para pesepeda, khususnya yang berdomisili di kawasan sekitarnya.

Di hari libur, terutama saat akhir pekan, tempat ini tak pernah sepi. Sejumlah pegiat olahraga kerap berdatangan kemari, terutama penyuka sepeda gunung yang ingin mengasah kemampuannya.

Foto: Instagram @didahermansyah

Tak heran, karena bike park ini tak hanya menyuguhkan pemandangan alam yang menawan, terutama saat matahari terbenam. Di sini pulalah pegowes dapat menjajal keahliannya bersepeda melewati jalur yang sangat menantang. Beberapa obstacle di antaranya bahkan cukup memacu adrenalin.

Kamu bisa menjumpai lintasan downhill pendek yang cocok untuk pemula sebelum menjajal lintasan yang lebih sulit. Ada pula single track yang melewati bukit dan hutan jati.

Foto: Dok. Google Maps/Yusran Pare

Tak Jauh dari Pusat Kota

Seluas 23 hektar, Kancah Nangkub Bike Park merupakan lahan milik desa tempatnya berada. Bike park ini sendiri digarap oleh warga setempat dengan dukungan pemerintah desa.

Meski fasilitas yang tersedia hanya seadanya, pesepeda tetap dapat menikmati kawasan wisata ini. Apalagi di lokasi sudah disediakan spot-spot foto untuk mengabadikan momen di sana. Tak hanya itu, ada pula area berkemah yang cocok untuk para bike campers.

Foto: Instagram @rianpebriant

Untuk urusan lokasi, tenang saja, karena letak Kancah Nangkub Bike Park tak jauh dari pusat kota Sumedang. Kamu bisa mencapainya dengan menaiki kendaraan bermotor atau mengayuh pedal sepeda sejauh 5,5 km hingga sampai di tempat ini. Jalurnya pun cukup bagus.

Bila membawa kendaraan, kamu bisa memarkirkannya di area yang tersedia, sebelum memacu adrenalin dengan melintasi jalur di Kancah Nangkub Bike Park. Jangan lupa untuk senantiasa mengenakan perlengkapan bersepeda demi keamanan.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here