Kebun Binatang Ragunan Juga Asyik sebagai Spot Lari

Foto: Dok. Google Maps/Lisna Nababan

Tidak hanya sebagai salah satu tempat wisata populer di Jakarta, Kebun Binatang Ragunan juga disasar sebagai tempat berolahraga. Selain bersepeda, pengunjung kerap menjajal jalur di kebun binatang untuk berlari.

Berlari di Kebun Binatang Ragunan memiliki keuntungan tersendiri, seperti bebas dari lalu lintas yang padat, area yang luas untuk dijelajahi, teduh karena dinaungi pepohonan rindang, dan dapat sekalian berwisata melihat aksi kawanan satwa.

Foto: Instagram @tofan30k

Jarak lari di area kebun binatang sekitar tujuh kilometer untuk satu kali putaran. Biasanya pelari memilih Pintu Utara II yang berada di samping halte TransJakarta Ragunan sebagai titik mula. Lokasi ini juga dekat dengan tempat parkir kendaraan.

Sekalian Menyapa Satwa

Berlari di Kebun Binatang Ragunan, pelari akan melalui jalur beraspal dan conblock. Dari Pintu Utara II, berlarilah ke arah Jalan Hutan Wisata, hutan mini yang berada di sisi timur pintu masuk, hingga menuju Jalan Taman Kemenyan. Langkahkan kaki menuju Jalan Jerapah dan Jalan Zebra, di mana pelari dapat beristirahat sejenak sembari mengamati jerapah dan zebra di kandang mereka masing-masing.

Jangan terlalu lama di sini, lanjutkan aktivitas lari menuju Jalan Elang Bondol, Jalan Hutan Bambu, dan melewati Jalan RS Hewan. Jalur ini landai saja, di mana pelari akan menuju ke sisi belakang kebun binatang.

Foto: Instagram @tgushendarto

Meninggalkan kandang-kandang binatang, pelari akan melintasi area danau di Jalan Danau. Di sini terdapat trek untuk berlari dan bersepeda tepat di samping danau. Namun, pelari mesti bersiap menghadapi jalur menanjak hingga bertemu trek menurun di Jalan Harimau Bengala.

Meninggalkan kawasan danau yang asri, pelari akan tiba di jalur utama kebun binatang, lalu belok ke kanan untuk mencapai tanjakan yang mengarah ke Pusat Primata Schmutzer. Dari situ, melajulah ke Jalan Buaya yang melewati kadang buaya dan kuda nil, juga melalui kolam kecil yang ideal sebagai lokasi beristirahat karena area ini teduh dengan pepohonan rindang.

Setelah mencapai ujung jalan ini, pelari mesti berbalik ke arah untuk melewati tanjakan yang lumayan curam. Teruskan lari hingga kandang burung dan orangutan, dengan perpaduan trek lari menanjak dan menurun hingga berbelok ke Jalan Benyamin Galstaun.

Menyusuri jalan ini berarti akan berujung di kolam burung pelikan yang merupakan salah satu area ikonik di Kebun Binatang Ragunan. Dengan suasana yang menyenangkan dan asri, inilah titik akhir lari mengitari Kebun Binatang Ragunan. Tersedia kursi untuk beristirahat atau bisa langsung menyaksikan aksi kawanan pelikan yang memamerkan warna bulunya yang cemerlang.

Panduan Lari di Kebun Binatang Ragunan

  • Kebun Binatang Ragunan menerapkan protokol kesehatan, termasuk mewajibkan pengunjung melewati pemeriksaan suhu tubuh, menggunakan masker, mencuci tangan secara rutin, dan menjaga jarak aman.
  • Pengunjung wajib memesan tiket masuk secara daring.¬†Isi formulir data diri dan sertakan foto kartu identitas. Tiba di loket Kebun Binatang Ragunan, tunjukkan bukti pendaftaran atau kartu identitas dan membayar tiket masuk Rp4.000 untuk dewasa dan Rp3.000 untuk anak menggunakan JakCard.
  • Kebun Binatang Ragunan buka tiap Selasa hingga Minggu pukul 07:30 hingga 15:00. Disarankan untuk berlari segera setelah tempat wisata ini dibuka untuk menghindari keramaian.

Teks: Priscilla Picauly | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here