Perjalanan Menyelam Sehari ke The Passage, Raja Ampat

Saking banyaknya destinasi menyelam di Raja Ampat, kunjungan ke sana memang tak akan cukup kalau hanya satu minggu saja. Itu baru wisata bahari, belum termasuk menjelajahi daratannya yang tak kalah menawan, baik dari panorama maupun keragaman budaya.

Karena itu, sejumlah operator tur pun kemudian menawarkan perjalanan sehari untuk berbagai aktivitas yang bisa dilakukan di Raja Ampat. Papua Explorers Dive Resort, misalnya, menyediakan tur ke sejumlah situs penyelaman yang ada di kepulauan tersebut. Salah satunya adalah perjalanan sehari ke The Passage.

Citrus Ridge dan Hidden Bay

Tur dimulai setelah sarapan, sekitar pukul 08:00 dari Papua Explorers Dive Resort. Dari situ, peserta tur akan diajak menuju ujung barat Pulau Gam. Tempat menyelam dan snorkeling pertama dalam perjalanan ini adalah Citrus Ridge yang merupakan salah satu taman koral terbaik di Raja Ampat.

Dinamakan demikian karena memang karang di sini berwarna jingga dan kuning cerah. Sembari menikmati keindahannya, kamu bisa melihat banyak hewan laut, seperti penyu, sekawanan barakuda, lionfish, angelfish, kuda laut pygmy, dan banyak lagi.

Beranjak dari Citrus Ridge, kamu akan memasuki Hidden Bay, salah satu permata tersembunyi di Raja Ampat. Celah masuknya sempit, sehingga sering terlewatkan. Namun, begitu berada di dalam celah tersebut, kamu bisa mendapati hamparan terumbu karang dan hiu-hiu kecil. Pastikan membawa kamera underwater untuk mengabadikan keindahannya!

The Passage

Selepas istirahat sejenak di dermaga kecil, perjalanan dilanjutkan lebih jauh ke utara di sekitar Pulau Gam, hingga akhirnya tiba di The Passage yang merupakan salah satu situs penyelaman paling ikonik di Raja Ampat.

Ngarai sempit yang memisahkan Pulau Gam dengan Waigeo ini dikelilingi dengan tebing-tebing kapur yang tinggi. Alirannya sendiri lebih mirip sungai yang mengalir di antara dua pulau.

Di atas air, tebing kapur yang terjal di kanan kirinya membuat pemandangan di sini terlihat menawan. Sementara di bawah air, kamu bisa menjumpai banyak karang lunak dan ekologi laut yang unik.

Kondisi arusnya bisa mirip roller coaster. Namun, arus ini jugalah yang membawa nutrisi yang banyak bagi biota laut, sehingga apa pun yang tumbuh di sini tampak tumbuh sehat dan berukuran besar. Sepanjang perjalanan melalui saluran dangkal ini, kamu bisa menjumpai giant trevally, bumphead parrotfish, mungkin penyu atau hiu, dan bila sangat beruntung, pari manta atau pari elang.

Situs ini hanya direkomendasikan untuk penyelam berpengalaman karena arusnya yang kuat dan tak terduga. Namun, The Passage juga merupakan lokasi sempurna untuk snorkeling. Terlebih perjalanan ke sini dapat menjadi petualangan tersendiri karena kapal akan berkelok-kelok melewati ratusan pulau karst yang menyembul di permukaan air di Teluk Kabui.

Perjalanan Pulang

Selesai menyelam dan snorkeling, kamu dapat menikmati makan siang di sebuah homestay terpencil yang terletak di kaki tebing kapur dan diselimuti hutan hujan lebat. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan menuju resor dengan mengelilingi Pulau Gam dan melewati desa-desa nelayan yang terpencil.

Sesampainya di resor, peserta tur dapat kembali beristirahat di kamar masing-masing. Sementara yang masih memiliki tenaga, dapat menjadwalkan diri untuk mengikuti sunset atau night dive.

Untuk memesan perjalanan sehari ke The Passage, kamu dapat menghubungi Papua Explorers Dive Resort di 0822 4814 5555. Resor itu sendiri menyediakan layanan transportasi dari Bandara Domine Eduard Osok di Sorong hingga sampai ke akomodasi (perjalanan darat maupun laut).

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here