Meriahnya Festival Imlek di Bali dalam Pameran Sabdawarsa

Foto: Dok. Pameran Sabdwarsa

Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) bersama Klub Seni Bali menyelenggarakan pameran seni rupa bertajuk Sabdawarsa. Menampilkan karya-karya seni yang menggambarkan suasana perayaan Imlek di Bali beberapa waktu lalu, pameran ini berlangsung hingga Sabtu, 4 Maret 2023 di JHub Art Space, Jimbaran Hub, Badung.

Ada 11 seniman yang berpartisipasi dalam pameran ini. Mereka adalah Djaja Tjandra Kirana, I Gusti Nyoman Widnyana (Gung Man), Ipphing, Made Duatmika, Made Kaek, Made Wiradana, Romi Sukadana, V. Dedy Reru, Wayan Redika, Wayan Sujana Suklu, dan Wayan Trisnayana.

‘Festival Nusantara’ karya Djaja Tjandra Kirana

Belasan karya yang ditampilkan dalam pameran ini sendiri terinspirasi dari suasana perayaan Festival Imlek Bersama pada 28-29 Januari di kawasan Titik Nol Denpasar, yakni seputar Patung Catur Muka, Lapangan Puputan Badung, hingga Jalan Gajahmada.

“Dari sanalah pameran ini digagas sebagai bagian dari tutur budaya tentang kemuliaan pergantian tahun Imlek 2023,” kata Ketua Perhimpunan INTI Bali Putu Agung Prianta.

Putu Agung Prianta yang juga pemilik Jimbaran Hub menambahkan bahwa pameran ini ingin merayakan kebersamaan, menggemakan persatuan dalam keragaman, serta menjunjung rasa setia kawan, gotong royong, empati, dan toleransi.

Foto: Dok. Pameran Sabdwarsa

Terlebih, perayaan seperti Festival Imlek Bersama merupakan sesuatu yang unik dan belum pernah terjadi sebelumnya di Bali. Padahal, sudah sejak lama Tahun Baru Imlek ini telah menjadi bagian dari tradisi warga Tionghoa di Pulau Dewata.

“Tak hanya tradisi, budaya warga Tionghoa di Bali pun telah ada sejak ratusan tahun lalu. Hal ini terlihat dari akulturasi budaya, baik dalam peranti rumah tangga, kuliner, arsitektur, bahkan cabang seni,” imbuhnya.

‘Imlek di Denpasar’ karya Ipphing

Karena itu, keberadaan pameran ini diharapkan dalam membangkitkan kembali tradisi lama warga Tionghoa yang dibatasi pada masa Order Baru, selain memantik semangat berbangsa dan bermasyarakat dalam satu ikatan Bhinneka Tunggal Ika.

Para penikmat seni dan budaya yang tertarik datang ke pameran Sabdawarsa dapat langsung mengunjungi Jimbaran Hub di Jalan Karang Mas, Jimbaran. JHub Art Space buka setiap harinya pukul 10:00 hingga 17:00, kecuali Sabtu yang hanya buka hingga pukul 15:00. Info lebih lanjut, hubungi 0878 7500 7809 atau kunjungi akun Instagram @jimbaran.hub.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here