Gowes sambil Berburu Foto Instagenik di Terasering Sitegong, Magelang

Sedang mengalami burnout dengan pekerjaan dan kesibukan sehari-hari? Mungkin ini saatnya kamu menikmati liburan dan berhenti sejenak dari rutinitas yang melelahkan.

Kegiatan liburan ini tak berarti harus dilakukan jauh-jauh di luar kota atau luar negeri. Di lokasi yang dekat rumah pun tak mengapa, dengan kegiatan asyik yang sebelumnya tak sempat dilakukan.

Foto: Dok. Google Maps/Niluh Saraswati

Buat penyuka alam dan petualang, aktivitas sederhana seperti bersepeda pun sudah cukup. Biar sekalian refreshing, carilah destinasi yang menawarkan pemandangan indah. Bila kamu berada di Magelang, Terasering Sitegong dapat menjadi tujuan bersepedamu.

Destinasi ini terletak di Dusun Nampan, Desa Sukomakmur, Kecamatan Kajoran. Kalau ingin menggowes sepeda dari pusat kota Magelang, jarak tempuhnya sekitar 23,5 km dengan medan yang terus menanjak ke ketinggian sekitar 1.800 mdpl.

Foto: Dok. Google Maps/Hammad Hanafi

Biar perjalanan aman, pastikan sepeda dalam kondisi prima sebelum berangkat, terutama kesiapan rem di medan menurun. Kalau perlu, bawa perlengkapan penting untuk mengantisipasi hal-hal seperti ban bocor dan lainnya. Bila tak kuat menanjak, jangan dipaksakan, kamu bisa memadukan kegiatan gowes sambil berjalan menuntun sepeda.

Susah payah bersepeda menanjak tersebut akan terbayar setibanya di lokasi. Kamu bisa melihat undak-undakan sawah yang tertata apik dengan Gunung Sumbing sebagai latarnya. Di sudut mana pun kamu mengambil foto, hasilnya niscaya bakal cantik, terlebih bila didukung dengan pencahayaan alami yang baik.

Foto: Dok. Google Maps/Arya the Sneakerhead Pirate

Bila ingin memastikan hasil fotonya bagus, datanglah saat langit sedang cerah-cerahnya. Kalau bisa, datanglah pagi-pagi sekali, setidaknya sebelum pukul 09:00. Hal ini untuk mengantisipasi mendung maupun kabut yang turun menyelimuti kawasan tersebut sehingga tak bisa melihat puncak Sumbing.

Sebisa mungkin manfaatkan spot foto unik yang ada di sana, seperti gardu pandang bertingkat dua dengan pemandangan alam sekitarnya yang bisa terlihat dari atas. Ada pula beberapa papan petunjuk yang bisa digunakan untuk latar foto.

Foto: Dok. Google Maps/Eko Vebriyanto

Selain spot-spot foto, di lokasi sudah tersedia sejumlah fasilitas lainnya, seperti tempat istirahat, tempat makan, maupun area parkir untuk kendaraan. Bila membutuhkan jasa fotografer, kamu bisa mencari langsung infonya dari pihak pengelola via akun Instagram @sukomakmur_magelangjawatengah.

Wisata Terasering Sitegong buka tiap harinya mulai pukul 06:00 hingga 17:00. Harga tiket saat ini adalah Rp10 ribu per orang.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here