Berlari Menembus Lebatnya Hutan di Bukit Lawang Orangutan Trail 2023

Foto: Dok, Arras Adventure

Bukit Lawang merupakan sebuah desa kecil tepi Sungai Bahorok, Sumatera Utara yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Leuser. Selain menyuguhkan hutan hujan tropis, kawasan ini populer di kalangan wisatawan karena merupakan habitat alami maupun daerah jelajah orangutan sumatra (Pongo abelli).

Ada banyak cara seru untuk menjelajahi kawasan ini. Buat para pegiat olahraga, kamu bisa mengikuti kegiatan yang menantang adrenalin, seperti Bukit Lawang Orangutan Trail 2023. Digelar Arras Adventure pada 27-28 Mei mendatang, kegiatan ini menawarkan pengalaman tak terlupakan berlari di tengah hutan hujan tropis dan berjumpa dengan orangutan di habitat aslinya.

Foto: Dok, Arras Adventure

Berbagai Tingkat Kesulitan

Hampir seluruh trek Bukit Lawang Orangutan Trail 2023 melintasi hutan hujan tropis di Taman Nasional Gunung Leuser. Rutenya melewati vegetasi yang padat dengan tanah hutan yang basah, kawasan permukiman, perkebunan dan persawahan, hingga sungai yang membelah perbukitan.

Dengan medannya yang memiliki berbagai tingkat kesulitan ini, para peserta wajib mempersiapkan diri, baik secara fisik maupun mental. Selain itu, pelari mesti mempelajari dan memahami dengan baik kondisi alam maupun tantangan saat berlari trail.

Foto: Dok, Arras Adventure

Bagi pemula yang baru memulai lari trail, tak perlu khawatir, karena Bukit Lawang Orangutan Trail 2023 menyediakan kategori yang beragam, dari yang relatif mudah hingga untuk yang sudah terbiasa berlari jarak jauh di alam terbuka.

Total ada tiga kategori yang tersedia, yakni 7K (COT 4 jam), 25K (COT 6 jam), dan 50K (9 jam). Khusus kategori 7K, kamu bisa menyelesaikannya secara individu ataupun dalam tim beranggotakan 3 orang.

Untuk registrasi, kamu bisa langsung mengunjungi blot.arrasadventure.com. Segera daftarkan dirimu bila tertarik mengikuti acara ini, karena slotnya terbatas. Biaya pendaftarannya adalah Rp450 ribu untuk 7K (individu), Rp1,25 juta untuk 7K (tim), Rp600 ribu untuk25K, dan Rp900 ribu untuk 50K.

Foto: Dok, Arras Adventure

Biaya tersebut sudah termasuk BIB, jersey, finisher medal, asuransi, dan tiket masuk Bukit Lawang. Peserta dapat menggunakan shuttle bus dari Bandara Kualanamu dan Istana Maimun pada 26 Mei untuk menuju lokasi lomba. Tersedia pula shuttle bus untuk kepulangan kembali ke Bandara Kualanamu dan Istana Maimun pada 28 Mei.

Jadwal lomba, daftar akomodasi yang bisa kamu pilih untuk bermalam di Bukit Lawang, serta info lainnya bisa kamu cek di laman ini. Ikuti juga akun Instagram @arrasadventure untuk update terkini.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here