Bukit Hollywood, Jalur Gowes Off-road Seru di Gresik

Foto: Dok. Google Maps/Rob

Tak hanya memiliki kekayaan seni dan budaya, Gresik menyimpan banyak objek wisata alam yang memukau untuk para petualang maupun pegiat olahraga. Buat kamu penyuka sepeda gunung, salah satu destinasi yang bisa kamu tuju adalah Bukit Hollywood.

Walau namanya sama dengan distrik mewah di Los Angeles yang terkenal dengan industri perfilmannya itu, Bukit Hollywood tak memiliki kaitannya sama sekali dengan tempat tersebut. Warga setempat menamainya demikian karena sama-sama bukit, selain menawarkan pemandangan kota dari ketinggian.

Foto: Dok. Google Maps/Ghofur Abdul

Bukit kapur ini sendiri tadinya merupakan bekas tambang galian PT Semen Indonesia (sebelumnya PT Semen Gresik). Aktivitas pertambangan telah dilakukan sejak 1957, namun berhenti empat dekade kemudian ketika lokasi pengambilan bahan bakunya berpindah ke wilayah lain di Tuban.

Bukit itu pun kemudian ditinggalkan begitu saja dan ditumbuhi banyak tanaman liar. Walau belum ada inisiasi untuk mengubahnya menjadi destinasi wisata, Bukit Hollywood sudah kerap menjadi tempat perlombaan off-road resmi. Tak sedikit pula yang datang kemari untuk mengasah kemampuan bersepeda mereka.

Foto: Dok. Google Maps/Lucky Wirawan

Akses

Letak Bukit Hollywood ada di Desa Randuagung, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik. Kamu bisa menempuhnya dari Alun-alun Gresik dengan bersepeda sejauh sekitar 7 km. Setelah melintasi permukiman, kamu bisa menanjak menaiki bukit hingga tiba di puncaknya yang setinggi 225 mdpl.

Jalurnya bervariasi, dari jalan tanah, bebatuan, tertutup ilalang, hingga tanah berkapur. Saat musim hujan, jalur tersebut bisa cukup licin dan dapat membuat ban sepeda sering tergelincir. Namun hal ini juga bisa menjadi tantangan tersendiri buat penyuka sepeda gunung.

Foto: Dok. Google Maps/Ghofur Abdul

Jalur ini sendiri terbilang aman, bahkan bagi pemula sekalipun. Tak heran bila banyak pula yang memanfaatkan Bukit Hollywood ini sebagai tempat latihan downhill.

Pemandangan di sini terutama cantik menjelang matahari terbenam. Dari puncaknya, kamu bisa melihat hamparan kota hingga kawasan pesisir Gresik. Jangan lupa berfoto dengan papan kayu bertuliskan Bukit Hollywood sebagai kenang-kenangan. Siapkan pula perbekalan, terutama minuman, karena hawanya bisa cukup panas, terutama di siang hari.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here