Lepas Penat dengan Camping Ceria di Manasuka Camping Ground

Foto: Instagram @awaliyahfeni

Liburan ke Pekalongan tak hanya bisa kamu lewatkan dengan mengunjungi kampung batiknya yang terkenal untuk berburu kain-kain eksotis. Buat kamu penyuka kegiatan luar ruang, ada banyak aktivitas seru lainnya yang bisa kamu lakukan bersama teman dan keluarga.

Salah satunya adalah camping ceria di Manasuka Camping Ground. Destinasi wisata satu ini memang masih terbilang baru, namun fotonya sudah ramai bermunculan di media sosial.

Foto: Instagram @manasuka_campground

Aksesnya sendiri mudah. Dari pusat kota Pekalongan, kamu bisa mencapainya dengan berkendara sejauh 52 km, atau sekitar 1,5 jam. Lokasi tepatnya ada di Dukuh Sidayu, Desa Domiyang, Kecamatan Peninggaran, Kabupaten Pekalongan.

Sesampainya di area parkir, kamu tinggal berjalan kaki sekitar 15 menit ke area camping. Jalurnya lumayan terjal, yakni naik turun melewati hutan rimbun. Selain itu, kamu mesti menyeberangi dua anak sungai.

Foto: Dok. Google Maps/Aditio Ramadhan

Kegiatan ini terutama cocok buat kamu yang ingin sekalian hiking tipis-tipis sambil mendekatkan diri dengan alam. Terlebih letaknya ada di ketinggian, yakni sekitar 800 mdpl, jadi kamu bisa menikmati hawa sejuk dan udara segar.

Area berkemahnya sendiri memiliki pemandangan memukau dengan hamparan rerumputan hijau yang terbuka luas dan dibelah oleh sungai kecil. Di kanan kirinya tumbuh menjulang deretan pohon pinus dan pohon damar.

Foto: Dok. Google Maps/Fajar Pratama

Setelah mendirikan tenda, kamu bisa bersantai sambil menikmati suguhan panorama yang luar biasa tersebut. Kamu bisa juga bisa memanfaatkan sungai untuk memancing ikan sebagai santapan malam.

Fasilitas Lengkap

Saat ini, fasilitas yang sudah tersedia termasuk area parkir kendaraan yang aman, toilet, dan musala. Untuk berkemah di sini, kamu cukup membayar Rp 10 ribu per orang. Kamu bebas membawa sendiri perlengkapan berkemah maupun perbekalan secukupnya selama bermalam di sana.

Foto: Instagram @manasuka_campground

Tak memiliki perlengkapan berkemah? Tak perlu khawatir, karena tersedia pula paket penyewaan dengan harga mulai Rp160 ribu. Biaya tersebut sudah termasuk tenda berkapasitas empat orang, matras, nesting, maupun tenda.

Untuk paket yang paling komplit harganya Rp300 ribu. Biayanya sudah termasuk tenda, sleeping bag, matras, kompor dan gas, nesting, lampu tenda, kayu bakar, video cinematic berdurasi 30 detik, hammock, serta kursi dan meja lipat. Untuk reservasi, klik tautan yang ada di bio akun Instagram @manasuka_campground.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here