Seri Pertama Alas Trail Run di Desa Ranupani, Suguhkan Keindahan Danau

Pegiat olahraga luar ruang, terutama yang berdomisili di Jawa Timur, tentu sudah tak asing lagi dengan Desa Ranupani. Setinggi 2.100 mdpl, desa wisata ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, dan secara administratif berada di Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang.

Sebagai titik terakhir pendakian menuju Gunung Semeru, Desa Ranupani memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Para pendaki dapat menyewa tenda dan perlengkapannya. Sementara yang ingin melewatkan malam di sana pun dapat memanfaatkan homestay.

Selain menantang adrenalin di jalur pendakian Gunung Semeru, banyak aktivitas lainnya yang bisa kamu lakukan di Desa Ranupani. Dihuni masyarakat asli suku Tengger, kamu bisa mengenal kebudayaan setempat, dan bila beruntung, menyaksikan upacara adat.

Tak hanya itu, desa dengan lanskap alam yang indah ini juga menawarkan kunjungan ke tiga danau yang menawan. Salah satunya adalah Danau Ranupani. Di sini, wisatawan dapat menikmati keindahan danau tersebut sambil berfoto dengan latar pepohonan hijau, berpiknik, bermeditasi, atau bahkan berkemah.

Trail Running di Ranupani

Kalau ingin sekalian berolahraga, kamu bisa menjajal berlari di sekeliling danau tersebut. Lebih seru lagi bila mengikuti kegiatan trail running yang diadakan di sana, seperti Alas Semeru Trail Run yang rencananya akan dilangsungkan pada 13 Maret mendatang.

Lewat Alas Semeru Trail Run, kamu dapat menyaksikan indahnya lanskap alam di Desa Ranupani sembari berlari melintasi rute yang seru dan menantang adrenalin. Karena berada di ketinggian, kamu dapat sekalian menikmati hawanya yang sejuk dan bebas polusi.

Untuk mengikuti kegiatan lari lintas alam ini, ada dua kategori yang bisa kamu pilih, yakni 10K dan 25K. COT atau batas waktu maksimal untuk menyelesaikan tantangan ini adalah 6 jam untuk kategori 10K dan 7 jam untuk 25K.

Bila tertarik, kamu bisa langsung melakukan pendaftaran di bit.ly/alastrailrun2023. Biaya registrasi untuk kategori 10K adalah Rp380 ribu untuk WNI dan Rp585 ribu untuk WNA.

Sementara biaya registrasi untuk kategori 25K adalah Rp680 ribu untuk WNI dan Rp885 ribu untuk WNA. Biaya registrasi ini sudah termasuk BIB (nomor dadar), jersey, medali finisher, refreshment, dan makan satu kali.

Para peserta dengan catatan waktu terbaik bisa mendapatkan total hadiah Rp6 juta. Info lebih lanjut mengenai Alas Semeru Trail Run, kunjungi akun Instagram @alastrailrun.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here